Cantik, enggak berasa ya sebentar lagi akan masuk kuliah semester baru dan tempat untuk awal yang baru. Apalagi buat kamu yang merupakan calon mahasiswa baru. Pasti rasanya excited banget pingin cepat-cepat masuk kuliah, kenalan dengan teman baru dan calon Si Tampan nih. Tapi untuk memulai lembaran awal, Cantik juga perlu persiapin diri sendiri untuk dandan anti ribet dan gak butuh waktu lama. Di sini Hasna akan membantu kamu buat tampil natural tapi tetap kelihatan fresh seperti layaknya freshman. Dengan sentuhan sedikit makeup tapi tetap nyaman untuk dipakai selama kuliah. Nah, ikutin makeup natural look ala Hasna yuk!

1. MOISTURIZER + SUNBLOCK

Sebelum mengaplikasikan makeup, alangkah baiknya kamu memakai pelembap dan sunblock terlebih dulu. Gunakan pelembap (day cream) sesuai tipe kulit kamu dan ratakan ke seluruh wajah. Setelah meresap, jangan lupa pakai sunblock agar tetap melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Membiasakan diri memakai sunblock yang rutin juga dapat mencegah penuaan dini dan flek hitam di usia muda.

Rekomendasi produk: Garnier Light Complete Bright Up Tone Up Cream

2. Primer

Setelah melewati tahap skincare, primer merupakan base makeup agar riasan tahan sepanjang hari dan kulit kelihatan mulus. Bagi kamu yang memiliki kulit kombinasi – berminyak, Hasna sarankan agar kamu pilih primer untuk pore minimazing sehingga dapat mengontrol minyak. Kulit yang sehat adalah kulit yang punya pori-pori kecil dan mulus tanpa bekas jerawat. Aplikasikan primer khususnya di area kedua pipi, T-zone dan bawah dagu yang biasanya paling rawan mengeluarkan minyak.

Rekomendasi produk: Benefit The Porefessional

3. Concealer

Step ini merupakan poin penting dalam menghasilkan makeup natural atau no makeup makeup look. Penggunaan concealer disini menjadi pengganti foundation, BB cream atau cushion agar ringan dipakai dan tidak kelihatan cakey. Selain itu, pilih concealer dengan tekstur liquid, lalu aplikasikan pada dark circle di bawah mata dan area yang berjerawat. Jangan lupa untuk memilih shades concealer sesuai dengan warna kulit kamu agar tidak kelihatan belang.

Rekomendasi produk: Focallure Big Cover Liquid Concealer

4. Bedak Tabur

Penggunaan bedak tabur adalah selain mengunci seluruh makeup, juga menahan sebum dari kulit dan stay long lasting selama aktivitas perkuliahan. Pasti Cantik tidak mau kan dibilang muka kayak gorengan sih. Nah, usahakan selalu membawa bedak di tas kamu dan touch up sedikit jika kulit mulai merasa mengeluarkan minyak berlebih. 

Rekomendasi produk: Innisfree No-Sebum Mineral Powder 

5. Alis

Alis merupakan bagian tersulit dan biasanya memakan waktu paling lama ya kan, Cantik. Saran Hasna sebelum kamu menggambar alis, sebaiknya disisir terlebih dulu agar terlihat rapi. Pertama-tama, gunakan eyebrow gel dengan sisir kea rah atas sehingga alis terlihat full terisi. Setelah itu, tambahkan eyebrow pencil untuk mengisi bagian bulu yang kosong. Nah, jangan  lupa ikutin arah alis kamu supaya hasilnya kelihatan natural, Cantik.

Rekomendasi produk: Viva Perfect Shape Matic Eye Brow

6. Eyeshadow

Step eyeshadow sebenarnya merupakan optional, jika ingin kelihatan lebih fresh kamu bisa menggunakan eyeshaow dengan satu sampai dua warna. Untuk makeup natural pilih warna eyeshadow seperti cokelat, cream, peach, dan pink. Setelah itu, pakai eyeshadow powder lalu tambahkan glitter warna emas atau pink. Siap-siap seluruh mata akan tertuju padamu.

Rekomendasi produk: Sariayu Natural Colors Eyeshadow

7. Eyeslashes on point

Melewati step eyeshadow sekarang dilanjutkan dengan memakai maskara. Jepit bulu mata kamu terlebih dulu lalu aplikasikan maskara pilihanmu supaya lentik. Untuk sesekali kelihatan lebih cetar, kamu bisa tambahkan false lashes (bulu mata palsu) dengan bentuk yang natural. Kamu bisa cek Kimora Lashes yang bisa dibeli di Hasna Marketplace.

Rekomendasi produk: Maybelline Colossal

8. Blush on

Makeup wajah tidak akan kelihatan sempurna tanpa adanya blush on, Cantik. Beri sentuhan sedikit pada kiri dan kanan pipi dengan blush on warna pink atau coral sehingga kulit kamu kelihatan fresh dan alami. Warna blush on akan lebih pop up bila diplikasikan menggunakan brush daripada memakai jari.

Rekomendasi produk: Emina Cheeklit

9. Highlighter

Pengaplikasian highlighter merupakan step terakhir di bagian wajah yang tidak boleh ketinggalan, Cantik. Selain blush on, dengan menambahkan highlighter di kedua tulang pipi, sedikit di area dahi, di bawah alis, hidung biar kelihatan mancung, dan dagu. Kunci dari kulit yang sehat adalah dewy dan glowing ala glass skin korea. Pakai secukupnya saja ya, Cantik agar makeup kamu tidak kelihatan seperti berminyak.

Rekomendasi produk: Pixy Highlight & Shading

10. Liptint

Sampai juga di langkah terakhir pada natural makeup ke kampus adalah dengan memakai liptint. Kenapa liptint? Karena selain lebih kelihatan natural, daya tahan liptint lebih lama dibandingkan lipstik pada umumnya. Sebelum memakai lip product apapun, biasakan untuk menggunakan lip blam, sehingga bibir tetap lembab dan gak kering. Setelah itu, aplikasikan lip tint di bagian dalam bibir atas dan bawah, lalu di blend merata menggunakan jari. Bila masih kelihatan pucat, Cantik dapat mix liptint kamu dengan lipstik sehingga menghasilkan warna gradasi seperti peach – merah, nude pink – merah dan pink – peach.

Rekomendasi produk: Wardah Colorfit Velvet Lip Mousse

Mudah kan, Cantik? Kamu bisa mencoba melakukan tips and trick natural makeup go to campus ala Hasna yang antiribet dan stay long last. Selain itu, jangan lupa berikan senyum terbaikmu, karena itu makeup terbaik bagi seorang perempuan.

A smile is the best makeup any girl can wear – Marilyn Monroe

 

GD / Foto: freepik.com, Instagram @garnierindonesia @benefitindonesia @focallure @innisfreeindonesia @viva.cosmetics @sariayu_mt @maybelline @eminaccosmetics @pixycosmetics @wardahbeauty