Cantik, kalau dengar kata kunyit hal pertama yang dipikirkan pasti fungsinya untuk masak atau ramuan obat ya? Ternyata, kunyit gak cuman sebagai bumbu dapur atau racikan jamu loh. Tapi, memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kulit agar mulus dan terawat. Nah..apa aja sih benefitnya? Wajib pelajari hingga akhir ya !

1. Membasmi Jerawat

Salah satu musuh terbesar tiap kaum wanita yaitu jerawat membandel. Untuk menghilangkan jerawat tentu butuh waktu lama hingga mengecil. Daripada memencet jerawat, sebaiknya gunakan masker kunyit yang dihaluskan dan aplikasikan ke seluruh wajah. Tunggu hingga 10-15 menit dan dibilas pakai air hangat. Bahan aktif kurkumin dan sifat antiradang pada kunyit menenangkan kulit sekaligus mengecilkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak berlebih.

 

2. Mencegah Kerutan

Menginjak usia 20 tahun keatas sudah harus menjaga kulit agar tetap awet muda dan mencegah garis-garis halus (keriput). Menggunakan masker kunyit secara rutin dapat membantu menyamarkan kerutan di kulit karena kandungan bahan aktif kunyit bisa menutrisi kulit secara keseluruhan. Selain itu, hasil dari masker kunyit juga menjadikan kulit lebih cerah dan halus.

 

3. Angkat Sel Kulit Mati

Tidak hanya scrub wajah yang bisa mengangkat sel kulit mati, tapi manfaat kunyit ternyata juga punya khasiat yang sama. Setelah sel kulit mati telah dibersihkan, kulit kamu akan terasa lebih bersih dan mulus tanpa noda. Penggunaan masker kunyit juga aman digunakan bagi kulit sensitif.

 

4. Menyamarkan Dark Circle

Keseringan bergadang dan kurang tidur akan cepat membentuk kantung mata yang tebal sehingga untuk menghilangkannya butuh waktu yang lama. Kunyit ternyata terbukti mampu mengurangi kantung mata dan mata bengkak loh. Untuk itu, kamu bisa gunakan di area bawah mata sebagai pengganti eye cream pada malam hari dan esoknya kamu akan merasakan mata lebih segar.

 

5. Menghilangkan Noda / Flek Hitam

Selain jerawat dan kerutan, kunyit juga bisa menghilangkan noda hitam di wajah akibat paparan sinar matahari. Selain dijadikan masker, kamu bisa mengonsumsi agar menjaga elastisitas kulit kamu lebih maksimal. Untuk membuat masker, kamu bisa campurkan bubuk kunyit setemgah sendok teh dan madu satu sendok. Setelah itu, oleshkan ke wajah dan hindari area mata, diamkan selama 10 menit lalu di bilas menggunakan air hangat untuk membuka permukaan pori-pori. Untuk kembali menutup pori-pori bisa memakai air dingin/es batu.

 

Gimana, Cantik cukup kagum dengan manfaat dari masker berbahan kunyit? Coba kreasikan masker alami untuk dapatkan kulit yang sehat dan mudah ditemukan di rumah. Setelah pakai, jangan lupa share pengalaman kamu memakai masker kunyit ke Hasna ya!

 

GD / Foto: freepik