Mitos atau Fakta? Sering pakai lipstik bikin bibir menghitam.

One thing buat kaum cewek kalau pergi-pergi gak boleh kelupaan pakai lipstik atau liptint biar tidak kelihatan pucat. Tapi kok habis bersihin sisa lipstik, bibir makin lama menghitam ya?

Jawabannya: FAKTA.

Tapi…Pernyataan di atas dianggap fakta kalau pada kandungan lipstik kamu mengandung bahan kimia berbahaya seperti asam ricinoleic, sopalmityl diglyceryl sebacate, asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara. Bahan berbahaya tersebut bisa menyebabkan alergi pada bibir dan lama kelamaan menghitam. Selain itu, bila kamu memakai lipstik yang telah kadaluarsa juga jadi salah satu penyebab mengapa bibir kamu tidak secerah sebelumnya.

Bad habit lain yang juga memicu bibir menghitam adalah malas membersihkan sisa lipstik yang menempel di bibir dengan maksimal. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi kafein (teh dan kopi) bisa membuat bibir kamu menjadi kering pecah-pecah dan perlahan warna bibir jadi gelap.

Nah, trus gimana dong supaya bibir kamu kembali sehat dan berwarna pink merona? Tips dari Hasna, cermati ingredients lipstikmu, pilih yang tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti yang telah disebut di atas. Lakukan scrub pada bibir seminggu dua kali untuk menghilangkan sel kulit mati yang ada. Terakhir, aplikasikan lip balm yang mengandung minimal SPF 30 supaya terlindung dari sinar UV.

 

GD / Foto: freepik