Kamu tahu nggak, Cantik? Tanaman kaktus berduri yang tumbuh di iklim tropis diam-diam menyimpan kandungan air yang bermanfaat bagi kecantikan. Nggak hanya itu, tapi kaktus juga mengandung asam amino yang mampu meresap ke dalam tubuh dan berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas pada kulit. Masih banyak lagi kelebihan kaktus yang belum kamu tahu, let’s read it out!

Menyamarkan ‘Mata Panda’

Kamu yang aktif bekerja di depan komputer dan sering lembur, biasanya mengalami keluhan lingkaran hitam di bawah mata alias mata panda. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, kulit mata akan terlihat lelah dan semakin kusam.

Selain merawat dengan kompresan air dingin atau menempelkan lemon atau timun sebagai masker, kamu juga bisa menambahkan perasan air kaktus sebagai perawatan tambahan. Caranya, ambil beberapa tetes perasan air kaktus, campurkan dengan minyak zaitun atau serum wajah yang bertekstur cair atau oily. Lalu oleskan seperti serum di seputar area lingkaran mata. Antioksidan yang terkandung di dalam air kaktus bermanfaat untuk mengurangi peradangan di kulit mata, seperti kantong mata. 

Melembapkan Kulit

Tanaman kaktus berjenis Astrophytum yang ampuh banget bikin kulit lembap dan kenyal kayak squishy. Kamu juga bisa DIY sendiri di rumah sambil santai. Penggunaannya sama seperti scrub berbahan lemon. Gampang banget kok, kamu tinggal bersihkan kulit kaktus dengan kapas yang sebelumnya sudah direndam air. Setelah itu, potong kaktus berbentuk dadu seukuran 3-5 cm. Lalu, ratakan di seluruh wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 10-15 menit, lalu cuci bersih.

foto: wikimedia commons: Leonora Enking

Antiaging

Air buah kaktus mengandung flavonoid dan zat protein yang dapat mencegah penuaan dini, sekaligus merangsang pertumbuhan sel baru dan membantu penyerapan nutrisi di lapisan epidermis, lapisan terdalam pada pada kulit. Oleskan deh seperti toner di wajahmu.  

Tuh, banyak kan kelebihan kaktus yang bisa kamu manfaatkan untuk kecantikan kulit. Meski bentuknya berduri tajam, tapi kelebihannya luar biasa.

 

IR / Foto header: freepik