Tubuh kamu juga perlu discrub lho, Cantik. Daki yang numpuk bisa bikin kulitmu kusam. Daripada beli mahal-mahal dan ada mungkin ada bahan kimianya, yuk ah bikin sendiri scrub-nya. Hasna dapat resepnya nih pas ke Warsawa, Polandia. Ya, Hasna ketemu Anna and Urszula Bieluń (Ania dan Ula) pendiri “Ministerstwo Dobrego Mydla”, salah satu brand sabun, scrubs, dan kosmetik favorit di Polandia.

“Scrub alami yang kamu bikin paling lama disimpan dua minggu. Karena itu, sebaiknya bikin aja sesuai kebutuhan, “ ujar Ania.

Siap? Ini step dan bahan-bahannya.

1. Persiapan

“Yang pertama adalah tentunya, to have fun. Coba cari tahu dan berani campur bahan. Coba dulu untuk sekali bikin,” ujar Ania. Ya, berarti ini tandanya kamu coba googling cara-cara bikin scrub, bahan-bahan yang tersedia. Atau baca terus artikel ini dulu dan pilih-pilih yang kira-kira sesuai seleramu.

Hasna saat itu sudah mikir, harus yang segar wanginya dan cantik tampilannya. Hasna juga siapin toples kecil kaca untuk menyimpannya.

2. Foundation

Dasar dari scrub adalah bahan untuk membersihkan kulit atau untuk menggosok kulit sehingga kulit mati hilang. Kamu bisa pilih salah satu dari dua bahan yang sudah ada di dapurmu: gula, garam, beras, atau kopi (salah satu). Ini daftar yang lebih luas:

  1. Gula: gula pasir putih, brown sugar, atau coconut sugar.
  2. Garam: garam laut, Himalayan salt, Dead Sea salt, Epsom salt.
  3. Kopi: kopi bubuk.
  4. Gandum, beras, atau atau kacang-kacangan: gandum bubuk, beras tumbuk, biji buah persik tumbuh, biji zaitun tumbuh, atau cangkang kacang walnut.

Hasna saat itu pilih gula pasir putih, karena ingin warnain dengan bubuk pewarna alami. Tapi terus terang, setelah Hasna selesai, Hasna pengen cobain yang pakai garam, karena untuk gula pasir saat simpan hati-hati disemutin kalau gak rapet nutupnya, hihihi.

3. Cairan

Apakah kamu suka yang berminyak? Atau yang creamy? Kamu bisa pilih:

  1. Creamy: susu cair, yogurt, lender lidah buaya.
  2. Minyak: minyak kelapa, minyak zaitun, minya biji anggur, minyak bunga matahari, minyak beras, minyak soya, flaz seed oil, minyak almond, argan oil, apricot kernel oil, minyak biji plum, minyak baobab, minyak jojoba, dan lainnya.

Hasna pilih minyak, karena kalau susu takut basi kan?

4. Buah dan Sayur

Ya, biar wangi dan efek menenangkan seperti di spa, coba campurkan buah dan sayur. Tubuhmu pasti sesudahnya akan wangi ‘delicious’, hehehe. Ingat ya, semua harus dihancurin, bisa pakai blender atau pakai sendok atau garpu sampai halus.

Contohnya: pisang, stroberi, rasberi, buah persik, melon, delima, alpukat, ketimun, tomat, dan banyak lagi.

Hasna skip kasih ini sih, soalnya pengen disimpan agak lama jadi takut buahnya busuk aja gitu kalau dicampur, kecuali langsung dipakai ya.

5. Ekstra

Tambahkan aroma atau tekstur untuk scrub kamu. Kalau beli kan karena mesti ditaruh di rak took lama, jadi gak mungkin dikasih yang alami berlebihan. Ini saatnya kamu ‘merdeka’ campur apa yang kamu suka! Contohnya:

Bubuk rempah: bubuk rosemary, lavender, thyme, mint, kayu manis, cardamom, cengkeh, kunyit.

Bubuk cokelat: dark chocolate, cocoa powder.

Bubuk teh: bubuk teh hijau, the putih

Bubuk clay/ lumpur: dead sea mud, blue clay, white clay, green clay.

Hasna sih senang banget nih campur-campur, Hasna campur bubuk teh hijau dan bubuk kunyit. Oya, hati-hati untuk yang kulitnya alergian, mending bahan ini di-skip.

6. Wewangian

Ini yang penting juga nih, gak mau kan kamu main campur segala tapi wanginya jadi kaya jamu? Wewangian didapat dari scented oils, perfume oil, atau essential oils, seperti: lavender, geranium, tangerine, sweet orange, rosemary, chamomile, damask rose, grapefruit, lemon grass, cedar, dan wewangian sesuai selera.

Hasna pengen adventurous, jadi Hasna pilih minyak wangi Leśny Kwiaty, yaitu semacam wangi bunga hutan yang segar. 

Cara buat:

Pertama-tama pilih foundation, seperti gula atau garam. Lalu, campurkan bahan-bahan lain, minyak, buah, dan ekstra. Terakhir taruh sekitar 3-6 tetes wewangian, tergantung banyaknya scrub yang kamu bikin. Ini juga terserah selera kamu, kamu mau scrub yang kental, atau agak encer. Hasna suka yang kental. Campur semua. Untuk hiasan atau topping, bisa kamu letakkan bunga-bunga, bunga-bunga kering, dan rempah-rempah seperti yang Hasna lakukan. Voila! Super gampang kan? Tampilannya cantik dan wangi, teksturnya sesuai keinginan. Jadi bikin ketagihan! Next time, coba bahan lain yuk, Cantik. Share ke Hasna ya kalau kamu berhasil bikin. Email di: [email protected] atau tag Hasna di Instagram @hasnaidofficial. Selamat coba!

FB / Foto: FB, dok. MinistersTwo / Video: FB