Cantik, kamu tahu nggak kalo tanggal 22 Mei adalah Hari Bumi Internasional di mana kamu harus bertoleransi dan menjaga agar bumi tetap bisa berfungsi dengan semestinya. Jadi jangan rusak keberadaan bumi dengan ‘perilaku’ yang berlebihan. Kamu bisa kok melindungi bumi dimulai dari dirimu sendiri. Ya, jaga bumi setiap saat! Salah satunya adalah dengan cara sederhana menghemat energi di rumah dan menerapkan pola hidup ramah lingkungan lainnya. Contohnya di bawah ini ya:

Matikan Lampu Saat Tidak Digunakan

Gunakan listrik seperlunya dan sewajarnya. Kamu bisa memulai dengan mematikan lampu saat tidak digunakan. Misalnya lampu ruang tamu, ruang makan, atau dapur pada malam hari. Kamu pun bisa mengganti lampu kamar dengan lampu yang lebih redup saat mau tidur. Begitu juga saat memakai peralatan lain seperti catokan rambut atau hairdryer yang memakan daya sangat besar. Gunakan hairdryer tidak perlu sampai rambut kering total, jika rambut sudah setengah kering, matikan hairdryer lalu keringkan rambut secara alami dengan diangin-anginkan.

Gunakan Lampu Hemat Energi

Kamu bisa mengganti dan memanfaatkan lampu hemat energi dan lampu LED, yang saat ini sudah tersedia di banyak took elektronik maupun supermarket. Dengan begitu, kamu dapat menghemat energi listrik secara signifikan.

Laptop Lebih Hemat Dibanding Komputer

Buat kamu yang masih pakai perangkat komputer, sebaiknya mulai beralih memakai laptop karena daya listriknya jauh lebih hemat hanya sekitar 15 sampai 25 watt, dibandingkan dengan seperangkat komputer yang menghabiskan hampir 150 watt. Dalam keadaan standby, laptop juga menghabiskan daya lebih kecil.

Bijak Memakai Air

Akibat penggunaan air yang boros dan menurunnya area hijau, stok air bersih pun makin sedikit dan sulit didapatkan. Cantik, saran Hasna gunakan air dengan bijak ketika kamu keramas atau mencuci muka. Saat keramas, kamu cukup siram bagian atas-tengah rambut, bagian bawah dan dalam, lalu cukup ulang dua kali bilas secara keseluruhan. Begitu pula dengan mencuci muka, nggak perlu menghamburkan banyak air, pastikan bagian pipi kiri-kanan, dahi dan terakhir usap wajah seluruhnya dengan sekali bilasan air.

Recycle Kosmetik

Yang mau belanja bulanan atau belanja di manapun, sebaiknya lupakan penggunaan kantong plastik dan ganti dengan tas belanja yang terbuat dari kain spunbond. Begitu juga saat berbelanja kosmetik, sebisa mungkin jangan beli yang botol plastik, kalau pun harus terpaksa membeli, simpan dan kumpulkan botol-botol plastik kosmetik tersebut untuk didonasikan dan diberikan pada brand kecantikan yang punya program recycling seperti The Body Shop, Innisfree, MAC, Kiehl’s dan Sensatia Botanicals. Yuk jangan malas untuk mengumpulkan botol parfum, tempat lipstik, botol foundation, botol body lotion dan lain-lain untuk di recycle. Dengan ikut mendukung program daur ulang botol skincare, kamu sudah membantu mengurangi limbah di muka bumi.

Jangan lupa lakukan recycle kosmetikmu di rumah. Misalnya saja:

  • Lipstik yang masih sedikit kamu cukil dan kumpulkan. Kamu taruh di sendok, panaskan dengan sisa panas catokan. Lalu kamu tuangkan ke tempat bekas palet kosmetik (palet eyeshadow misalnya). Biarkan beku. Lakukan di beberapa lipstik yang tinggal sedikit, bisa juga dicampur untuk menghasilkan warna baru. Jadi deh palet lipstick baru yang bisa kamu oleskan dengan kuas!
  • Kuas bekas maskara kamu jangan dibuang! Kamu bisa sumbangkan ke animal shelter atau tempat penampungan hewan terlantar. Gunanya apa? Kuas ini selain menyapu kotoran di bulu hewan, juga bisa menghilangkan kutu! Atau lakukan di hewan peliharaanmu seperti kucing atau marmot.

Tinggalkan Kebiasaan Standby

Pastikan kamu nggak terbiasa meninggalkan produk peralatan rumah dalam keadaan standby. Biasakan mencabut sambungan listrik perangkat elektronik di rumah seperti televisi, mesin cuci, microwave, jika tidak digunakan. Hindari pula kebiasaan mengisi daya ponsel yang dibiarkan semalaman. Bukan cuma menghemat energi, hal ini juga meminimalisir terjadinya bahaya kebakaran dan korsleting pada listrik kamu.

Naik Kendaraan Umum

Gak perlu deh kamu nyetir mobil setiap saat! Bisa rajin car pool, naik taksi atau taksi online, dan yang lebih bagus sih naik kendaraan umum. Kan udah ada MRT tuh, hehehe. Supaya apa? Bayangkan jika banyak orang yang gak satu mobil satu orang, pasti hemat bahan bakar dan polusi udara terkendali kan? Btw, jalan kaki dan naik turun tangga saat kamu ke halte atau stasiun juga olahraga lho.

Yuk, tanamkan pada diri untuk menghemat penggunaan energi agar bumi tetap terjaga kelestariannya. Biar gimana bumi adalah tempat kita tinggal bersama kan, Cantik?

 

IR / Foto: freepik @jannoon028 / Video: Instagram @rixpiss