Lip balm pastinya selalu ada di dalam beauty pouch dong, Cantik? Dan pastinya selalu kamu bawa ke mana-mana. Sah-sah aja kalo kamu merasa nyaman pakai lip balm, asal jangan ‘ketergantungan’ ya. Sebagai pemakai setia lip balm, kamu juga perlu tahu 5 fakta tersembunyi tentang lip balm yang belum pernah diketahui. Apa aja ya ‘rahasia’ di balik lip balm? Check it out.

1. Lip Balm Tidak Melembapkan

Kok bisa? Yup, faktanya sebenarnya fungsi lip balm hanya ‘mengunci’ kelembapan alami bibir. Saat mengoleskannya di bibir, lip balm akan menciptakan lapisan pada bibir sehingga’ menyegel’ kelembapannya agar tidak hilang, sehingga menjaga bibir lembut sepanjang hari, terutama ketika cuaca dingin dan kering. Oleh karenanya, perlu banget menggunakan lip balm setiap hari.

2. Lip Balm Tidak Boleh Dijilat atau Dimakan

Akuin deh kalo kamu juga sering melakukan ini! Padahal kegiatan menjilat atau tanpa sengaja memakan sisa-sisa lip balm atau lipstik di bibir adalah salah besar. Bahkan, beberapa pakar kecantikan mengatakan, bisa mengakibatkan sakit perut ringan. Untuk itu nggak disarankan untuk memulas lip balm terlalu banyak. Cukup beri sekali pulasan di bibir bawah. 

3. Lip Balm Bisa Menyebabkan Iritasi

Pernah nggak kamu merasa nggak bisa keluar rumah kalo nggak pakai lip balm? Jangan sampe ya, Cantik! Karena para ahli kecantikan dan kosmetik mengatakan bahwa menggunakan lip balm secara berlebihan dapat membahayakan kulit bibir dan menyebabkan iritasi. Jadi, jangan pernah ‘ketergantungan’ dengan produk kosmetik apapun ya, khususnya lip balm.

4. Lip Balm Nggak Hanya untuk Bibir

Mungkin selama ini kamu hanya pakai lip balm untuk di bibir saja. Padahal, fungsi lip balm banyak banget lho, Cantik. Lip balm juga bisa dioleskan ke kutikula yang kering, bahkan untuk merapikan alis yang sulit diatur.

5. Lip Balm Bisa Expired!

Sama seperti produk kecantikan lainnya, lip balm punya tanggal kedaluwarsa. Dan, tidak aman jika digunakan melebihi tanggal kedaluwarsa tersebut. Cek dulu kapan lip balm akan expired, sebelum kamu menggunakannya. Jika lip balm sudah kedaluwarsa segera buang dan ganti dengan yang baru. Jagalah selalu kesehatan dan kebersihan kulit di seluruh bagian tubuhmu.

 

IR / Foto: pexels