Hasna mendapat pertanyaan ini, apakah Inglot, brand kosmetik yang berasal dari Polandia ini halal? Apalagi mengingat cat kuku atau kuteks Inglot dijual di pasaran dan banyak dikenakan oleh muslimah karena teknologi kuteks ini yang breathable, jadi diklaim boleh dipakai saat sholat.

Breathable, Maksudnya Apa ya?

Inglot O2M Breathable Nail Enamel adalah cat kuku yang terbuat dari Polymer, bahan pembuat lensa kontak. Bahan Inglot O2M diklaim dapat dilewati oleh udara dan uap air.

Inglot O2M Breathable Nail Enamel ini disebut memperoleh sertifikat halal dari Amerika Serikat dan Lebanon.  Namun, harap diperhatikan ya Cantik, tidak ada label halal di kemasan Inglot 02M. Karena halal ini baru diucapkan dalam bentuk fatwa oleh majelis ulama Amerika dan Libanon. Mohon kalau ragu di hati jangan dipakai untuk sholat.

Beberapa Pendapat

Mustafa Umar, sarjana Kajian Islam dari European Institute of Islamic Sciences, dan gelar sarjana Information and Computer Science dari University of California Irvine banyak ditanyai soal ini. Dikutip dari http://www.suhaibwebb.com/author/mustafa-umar/ saat banyak umat muslim terutama muslimah yang menanyakan mengenai breathable nail polish, ulama asal Amerika Serikat ini mendesak Inglot Cosmetics untuk melakukan eksperimen professional dengan dokumentasi yang baik.

Kesimpulan Mustafa Umar mengenai Inglot O2M:

“Sangat penting sekali permasalahan keabsahan penggunaan cat kuku tembus udara dan air ketika wudhu, diteliti dengan baik dari kedua belah sisi, sisi ilmu pengetahuan dan sisi fiqh (hukum Islam.) Tampak bagi saya ada dasar yang masuk akal untuk mempercayai bahwa air dapat menembus ke kuku pada saat memakai O2M breathable nail polish. Mungkin tidak semua merek yang dapat tembus udara dan air memenuhi kriteria ini dan kemungkinan kuku harus terendam dalam air selama beberapa detik. Meski demikian, dasar untuk permeabilitas airnya ada. Mengenai pertanyaan apakah cat kuku dapat digunakan perempuan muslimah di depan umum, di mana mungkin warnanya melanggar batas kesederhanaan, dan apakah kosmetik ini adalah penggunaan harta yang berlebih-lebihan, adalah hal yang di luar dari konteks topik ini. Muslimah seharusnya mempertimbangkan semua variabel tersebut sebelum memakai kosmetik apapun, namun lepas dari pertimbangan semua variabel di atas, riset telah membuktikan bahwa cat kuku tersebut memang dapat tembus air.”

Makeup artist Nilo Haq, Founder IGlow dan Editor in Chief Jeddah Beauty Blog menyatakan pendapatnya pada saudibeautyblog.com.

“Saya ragu-ragu mengenai klaim Inglot breathable nail polish. Pertama, saya tidak mau mengambil risiko kehalalan ibadah saya. Saya belum yakin akan tes yang dilakukan oleh Inglot, karena hasilnya masih campur: ada yang setuju, ada yang tidak setuju mengenai halalnya. Ketika saya coba, hati saya masih ragu, ya sudahlah, kesimpulannya saya tunggu hasil pasti halalnya Inglot’s breathable nail polish ini.”

Jawaban Inglot

Hasna bertemu sendiri penerus bisnis keluarga Inglot, Grzegorz Inglot, saat mengunjungi butik Inglot di Warsawa, Polandia. Grzegorz mengatakan, “Kalau dari teknologi, memang saya pastikan kuteks Inglot itu hasil teknologi yang membuatnya bisa dilalui atau tembus air, semua bahan vegetarian, dan Inglot juga tidak melakukan animal testing. Inglot menyadari pentingnya sertifikasi halal, karena itu kami sedang proses untuk mendapatkan ini.”

Hayden Tee, Creative Director Inglot Cosmetics mengungkapkan rencana Inglot untuk memberikan perhatian lebih bagi pasar komunitas muslim ini. Selain akan mensertifikasi halal kuteks Inglot, juga akan membuat minyak wangi tanpa alkohol dan sertifikasi halal untuk produknya yang lain Freedom System Palettes. Mereka juga sudah merestrukturisasi training pemasaran mereka untuk membantu sales agent di Amerika Serikat berbicara kepada pelanggan muslim mengenai O2M.

KESIMPULAN HASNA:

Jika menanyakan tentang halal, maka belum ada sertifikasi resmi di Indonesia mendukung ini. Namun, Inglot tidak mengandung lemak hewan (vegetarian), dan breathable (bisa dilalui air). Jadi, semua berpulang kepada keyakinan kamu, Cantik. Jika masih ada keraguan, saran Hasna tunggu saja sertifikasinya sebelum solat pake kuteks ini. Karena seperti yang Hasna sebut, Inglot sedang berupaya membuat label halal ini. Selama masih ragu, saat sholat ya dihapus ya, Cantik.

FB / Foto: FB, Inglot Cosmetics