Tanggal 8 Maret jadi hari yang istimewa untuk kita perempuan sedunia nih Cantik, disebut juga dengan International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional. Awalnya Hari Perempuan Internasional dibuat untuk menyuarakan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan yang kini sudah mengalami banyak sekali kemajuan. Dan sekarang Hari Perempuan Internasional ini dijadikan ajang untuk mengapresiasi pencapaian perempuan. Hasna punya beberapa info menarik di balik Hari Perempuan Internasional ini:

  1. Women’s Day pertama diperingati di kota New York Amerika Serikat 110 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 28 Februari 1909.
  2. Pada tahun 1910, Clara Zetkin dari Jerman mengajukan agar Women’s Day diperingati secara internasional.
  3. Dan akhirnya International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional pertama diperingati di Austria, Denmark, Jerman dan Swis pada tanggal 19 Maret 1911. Lebih dari satu juta perempuan dan laki-laki turun ke jalan untuk memperingatinya.
  4. Pada tahun 1917 para perempuan Rusia unjuk rasa untuk memprotes perang sebagai ungkapan solidaritas terhadap semua perempuan di seluruh dunia. Pada tanggal 8 Maret 1917, Czar/ Raja Rusia turun tahta dan pemerintahan sementara mengakui hak perempuan untuk ikut serta dalam pemilu. Sejak saat itulah Hari Perempuan Internasional diperingati di tanggal 8 Maret.
  5. PBB pertama kali merayakan Hari Perempuan Internasional pada tahun 1975.
  6. Setiap tahun ada tema kampanye yang berbeda untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.
  7. Tema kampanye tahun 2019 ini adalah #BalanceforBetter. internationalwomensday.com sebagai web resmi mengingatkan bahwa dunia yang seimbang adalah dunia yang lebih baik. Dan mengajak perempuan untuk merayakan prestasi perempuan, meningkatkan kesadaran akan gender bias, dan ambil tindakan untuk kesetaraan gender, demi masa depan perempuan yang lebih cerah dan keseimbangan dunia.
  8. Ingin ikut merayakan Hari Perempuan Internasional? Foto dengan gaya dua tangan terbuka yang bermaksud keseimbangan, upload di sosial mediamu dan jangan lupa beri tagar #IWD2019 dan #BalanceforBetter. Oh iya jangan lupa untuk tersenyum lebar dan pancarkan aura positifmu.
  9. Hari Perempuan Internasional bisa jadi acuan kita sesama perempuan untuk kembali mengingat cita-cita dan mimpi kita sehingga semakin semangat untuk mencapainya. And yes, women can! Selamat Hari Perempuan Internasional yang #BaikdanCantik!

We all have a wonder woman inside us– Diane Von Furstenberg

LDK / Foto: www.internationalwomensday.com