Pernah nggak dikira lebih tua dari usia kamu sebenarnya? Atau tiba-tiba kamu dipanggil “Ibu” padahal jelas-jelas masih kuliah? Hmmm… bisa jadi kamu memang “bermutu” alias bermuka-tua atau kamu selama ini salah makeup. Yap! Salah makeup bisa bikin kamu jadi terlihat tua lho. Ini dia beberapa kesalahan makeup yang bisa membuatmu terlihat tua. Baca baik-baik dan pastikan jangan terulang lagi ya.

Terlalu banyak concealer

Wajar kalau kamu menggunakan makeup untuk membuat kulit wajah tampak mulus dan bersih tak bernoda, salah satu caranya dengan memakai concealer. Tapi hati-hati Cantik, pemakaian concealer yang berlebihan apalagi warna yang kamu pilih tidak cocok dengan warna kulit. Hasilnya malah membuat riasanmu jadi terlalu tebal dan kamu jadi terlihat tua. Ingat, sekarang justru kulit yang sehat dan tampak naturallah yang sedang jadi idaman.

Bedak terlalu tebal

Begitupun dengan pemakaian bedak yang terlalu tebal, hal tersebut bisa membuat wajahmu seakan menua beberapa belas tahun ke depan, hiiy! Pilih light mineral powder dan lebih baik aplikasikan dengan brush daripada spons, untuk hasil yang lebih natural. Hindari pakai bedak di area mata karena akan membuat kulit terlihat kering.

Terlalu banyak eyeliner bawah mata

Eyeliner dengan warna gelap pada mata akan membuat matamu terlihat lebih kecil dan wajahmu jadi menua. Pilih saja eyepencil dengan warna yang light atau natural seperti putih dan pink. Dengan itu matamu jadi terlihat lebih segar.

Salah pakai blush on

Sapukan blush on di bagian atas tulang pipi untuk membuat pipi lebih segar. Jangan terlalu pas di apple on the cheek atau terlalu dekat dengan hidung. Gunakan juga warna blush on yang tepat seperti pink pucat atau peach, hindari warna merah atau yang terlalu mencolok karena akan membuatmu bermuka tua.

Alis kaku

Memilih pensil alis juga harus hati-hati lho, sesuaikan dengan warna asli alis kamu, atau lebih baik pilih yang warnanya sedikit lebih muda dari warna alismu. Warna alis yang terlalu tua atau gelap, lalu digambarkan terlalu tebal dan kaku akan membuat wajahmu jadi tidak natural dan tampak tua. Alis adalah bingkai wajah lho, salah gambar alis bisa membuatmu menyesal seharian.

Salah pakai eyeshadow

Pemakaian eyeshadow juga tak boleh sembarangan jika ingin wajah tetap terlihat muda sesuai umurmu sekarang. Jangan aplikasikan eyeshadow berwarna gelap pada keseluruhan kelopak mata, karena cara itu akan membuatmu tampak tua. Cukup sedikit saja di bagian sudut luar mata. Mata jadi lebih terlihat fresh deh.

Maskara di bulu mata bawah

Boleh kok pakai maskara untuk bulu mata bagian bawah, karena akan membuat mata jadi lebih bercahaya. Tapi pastikan tidak terlalu tebal ya, apalagi sampai melebihi bulu mata bagian atas. Bulu mata yang tampak natural dan tak berlebihan juga bisa membuatmu tampil sesuai usia.

Pemakaian lipstik yang salah

Bibir yang plump, lembap, dan tampak penuh yang sedang jadi tren saat ini. Jadi untuk menghasilkan itu kamu perlu membuat bibir yang overdrawn. Coba juga untuk sering bereksperimen dengan banyak warna lipstik ya agar menemukan yang paling pas untukmu. Jangan lupa tambahkan sedikit lipgloss di bibir ya.

LDK / Ilustrasi: Cije-Hasna.ID