Horeee, akhirnya lamaranmu untuk internship alias magang di perusahaan besar itu diterima. Beberapa bulan ke depan kamu akan jadi anak magang. Congrats ya, Cantik, Hasna ikut senang. Tapi! Kamu harus ikuti aturan berikut supaya sukses dan jadi bekal kamu di masa depan.

DOS

1. #BaikdanCantik

Pertama-tama, kamu harus terus jaga norma-norma dan sikap yang baik dari awal hingga akhir. Senyum, selalu bilang terima kasih, maaf jika salah, dan permisi sebelum masuk ke ruangan Si Bos. Jangan lupa untuk jujur, penting banget. Di bank- kamu melihat uang di mana-mana, di tempat media- kamu lihat barang-barang kiriman dan endorsement dari brand ternama, kalau kamu lemah iman, kamu tergiur. Jadi, apapun, jangan coba-coba untuk memegang, mencoba yang bukan milik, apalagi mengambil! Selain ‘mencoreng’ nama baikmu dan masa depan, kamu bisa dipenjara. Hehehe, Hasna bukan nakut-nakutin, tapi asal kamu tahu, perusahaan juga tidak bodoh, banyak CCTV di setiap sudut kantor.

 

Baiklah dan sabarlah dengan semua orang. Memang isi kantor sifat orang berbeda-beda. Tarik napas dan doa supaya kamu lebih sabar ya. Jangan lupa jadi perempuan yang #BaikdanCantik di manapun. Jika ada yang ulang tahun, selamatin. Jika ada anggota keluarga orang kantor yang meninggal, datanglah ke rumahnya dan ucapkan bela sungkawa.

Di hari terakhir, ucapkan terima kasih ke semua di lingkup kerjamu. Jika kantor kecil, ya semua kamu jabat tangan, termasuk OB dan satpam ya. Panggil mereka dengan nama, Pak A, misalnya. Hargai mereka. Jangan lupa, tulis kartu ucapan atau email terima kasih dan pamit. Untuk ekstra, kamu  mau kasih small gifts juga bisa ke Si Bos atau mentor kamu.

2. On Time

Jangan samain kantor dengan jam kamu janjian sama squad. Kalau meeting jam 10 pagi, datang lah minimal jam 10 kurang 5 pagi. Supaya kamu gak nervous, dan supaya kamu juga disiplin. Yang lain telat, katamu? Biarin saja, siapa tahu kamu suatu hari bekerja dan melalang buana di perusahaan asing, memangnya mereka peduli kalau kamu telat? On time, apapun yang terjadi.

3. Tanya

Jika kamu gak ngerti, tanya dong. Mungkin Si Bos dan mentor terlihat seram, tapi sebenarnya kalau kamu tanya, mereka senang. Lebih baik kamu tanya, daripada kamu sok pintar dan sok tahu. Dengan banyak tanya, kamu banyak tahu dan belajar.

 

4. Explore

Jajaki kemungkinan lain di tugasmu. Misalnya, jika tugas kamu hanya menyeleksi surat, coba kamu tawarkan diri untuk tanggung jawab lain yang kamu kuasai, misalnya bantu mengelola akun sosial media mereka. Inisiatif kamu merupakan nilai plus.

5. Evaluasi

Gak ada salahnya kamu minta evaluasi sebelum magang kamu selesai. Kamu jangan bete kalau ada kritik dari Si Bos atau teman-teman di kantor. Semua ini demi kebaikan. Di akhir magang, kamu minta lah laporan lengkap serta surat keterangan magang. Hasna yakin, kamu pasti baik-baik saja!

DON’TS

1. Jangan Sok Tahu

Orang-orang di kantor mungkin menurutmu old school, tua, atau ‘bapak-bapak’ dan ‘ibu-ibu’, jadi kamu merasa lebih tahu soal milenial dan sosmed dibanding mereka. Hasna ngerti kok perasaan kamu. Tapi for the best, mending kamu dengar dulu. Ada yang mereka punya kamu gak bisa lebihi ‘pengalaman’. Dengarkan, belajar. Saat mereka bertanya pendapatmu, kamu kemukakan apa adanya tanpa menggurui.

2. Jangan Gosip!

Contoh situasi: di kantor beredar gosip panas kalau Si Bos baru-baru ini menikahi mantan pegawainya yang usianya tak jauh dari kamu. Hasna ngerti banget, mulut kamu gatel banget untuk tanya atau menimpali gosip panas ini. Eits! Jangan terperangkap! Mulutmu adalah harimaumu, bisa jadi kata-kata kamu akan kembali padamu. Mana tahu kamu juga akan dilaporkan orang yang sirik padamu di kantor? Sudahlah, kalau ada yang cerita seputar gosip senyum saja dan bungkam. Silence is gold.

3. Jangan PMS Terus

Premenstrual Syndrome itu sebelum haid, kamu mah terus-terusan bete, cemberut, dan uring-uringan? Waduh, bisa-bisa kamu dianggap childish, tidak dewasa. Coba control temperamen kamu dan juga emosi kamu. Jangan dikritik dikit nangis. Apapun yang terjadi, misalnya saat magang kamu diputusin Si Tampan (amit-amit ya, jangan sampai), ya kamu tetap harus cool. Harus terlihat profesional dan bisa mengelola emosi. Bisa gak?

4. Jangan Ngarep Dotcom

Kamu merasa semua berjalan lancar, juga evaluasi disebutkan kamu anak magang idaman. Nah, masalahnya nih, tahu-tahu kamu jatuh cinta sama kerjaan kamu dan ngarep.com kamu bisa diterima di situ. Eits, Cantik, jangan lupa diri ah. Kamu harus ingat, kalau untuk jadi karyawan, prosesnya itu panjang banget, dari wawancara kerja, tes psikologi, tes kerja, misalnya, belum kualifikasi harus S1 dan lain-lain. Jangan memaksa untuk diterima kerja. Bagaimana jika kamu ditawarin jadi karyawan tanpa kamu minta? Kalau kamu sreg kerja di situ, ya itu namanya rezeki. Tapi kamu juga harus tanya hati kecil kamu, apa kamu sebenarnya cocok di situ.

5. Jangan Pamer di Sosmed

Gak semua kantor senang masuk di feed Instagram kamu. Banyak kantor yang confidential sifatnya, apalagi urusan ‘dapur’ cara kerja dan management. Jadi, saat magang, kamu gak perlu lah pamer-pamer di sosmed. Gak perlu juga instasotry di tengah-tengah meeting. Kecuali Si Bos minta kamu untuk instastory, ya itu lain soal. Tapi di luar permintaan, jangan pernah memasukkan apapun urusan kerja di sosial media. Tahan, tahan, tahan! Selain itu, ingat ya jangan julid juga saat jadi anak magang. Jangan ikutan komentar isu politik misalnya, karena bisa jadi kantormu tidak suka jika kamu tersandung masalah mereka dikaitkan. Apalagi jika ketahuan pas julid kamu lokasinya di kantor.

 

Hasna doain semoga magang kamu lancar dan kamu disukai semuanya di kantor ya. Ingat saja untuk tetap #BaikdanCantik, pasti deh kamu selamat.

 

FB / Foto: pixabay.com, freepik.com @pressfoto