Mungkin kamu terpikir ingin tampil beda. Tapi apa ya kira-kira yang harus diubah dari tampilan makeup-mu? Coba pakai lipstik warna gelap yuk, Cantik. Nggak salah kok kalau kamu mau bertransformasi gaya dari warna nude dan pink menjadi lebih gelap. Siapa tahu eksperimen makeup kamu ini justru bikin Si Tampan langsung naksir dan nggak berhenti melirikmu. Sebelumnya, kamu harus tahu dulu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat memakai lipstik warna gelap. Ikuti yuk, Cantik.

1. Eksfoliasi Sampai Halus

Lipstik pada umumnya seringkali membuat bibir kering dan pecah-pecah, ya nggak sih, Cantik? Untuk mendapatkan warna yang maksimal dari lipstik gelap, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengeksfoliasi bibir sampai bersih. Kamu bisa gunakan scrub khusus pengelupas bibir, atau membuat ramuan sendiri di rumah. Yang kamu butuhkan hanyalah gula, madu, dan minyak kelapa mentah. Campur semua bahan menjadi adonan pasta kental, lalu gosok perlahan pada bibirmu dengan gerakan memutar. Lihat hasilnya, permukaan bibir jadi bersih dan halus.

2. Pakai Lipbalm dan Keringkan

Ini berlaku untuk kamu yang suka pakai lipstick matte agar bibir jauh dari kering. Jadi sebelum kamu mengoleskan warna lipstik gelap favoritmu, sebaiknya oleskan lipbalm di bibir agak banyak lalu biarkan sesaat sambil melanjutkan sisa riasanmu yang lain. Setelah lipbalm agak kering, bisa dipastikan bibir kamu sudah lembap. Nah, setelah itu kamu bisa menghapus semua sisa lipbalm di bibir sebelum mengoles lipstik. Ini akan membantu lipstik menempel lebih lama di bibirmu.

3. Sesuaikan dengan Warna Kulit

Menyesuaikan dengan warna kulit, adalah kunci utama sebelum kamu memilih warna lipstik gelap yang diinginkan. Jika warna kulitmu adalah sawo matang, pilih warna lipstik gelap terbaik seperti burgundy atau marun. Untuk si pemilik kulit terang, pilih warna merah tua atau dark cherry. Pilihan lipstik yang cocok untuk semua warna kulit adalah yang memiliki warna orange shades.

4. Beri Keseimbangan

Kesalahan umum yang sering terjadi ketika perempuan menggunakan lipstik warna gelap, adalah, riasan mata dan bibir dibuat ‘tebal’. Padahal ini salah besar. Kamu harus memilih mana yang mau ditonjolkan. Jika lipstik warna gelap adalah ‘menu utama’ riasanmu, maka kamu harus menurunkan warna riasan mata. Cukup bermain dengan maskara dan eyeshadow tipis, maka kamu bisa membuat tampilan warna bibir menjadi dramatis.

5. Gunakan Kuas bibir

Cara selanjutnya untuk memakai lipstik gelap adalah menggunakan kuas bibir. Sebab, warna lipstik gelap sudah pasti memiliki tone warna lebih tebal dibanding warna lipstik terang. Kuas bibir berfungsi untuk mengontrol warna agar tidak terlalu tebal. Jadi kamu bisa mengoleskannya sedikit demi sedikit melalui kuas, sampai kamu mendapatkan warna tua yang pas untuk bibirmu.

6. Rapikan dengan Concealer

Faktanya, beberapa jenis lipstik gelap bisa bikin bibir ‘berantakan’. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar ini tidak terjadi, yakni merapikannya dengan baik. Caranya? Setelah lipstik diaplikasikan dan dibentuk, gunakan concealer untuk membersihkan tepinya. Ini tidak hanya akan memberi kamu tampilan yang lebih bersih tetapi juga menjaga agar lipstik tidak belepotan. Kedua, ambil selembar kertas tisu lalu letakkan di atas bibir. Pastikan kamu tidak menekannya terlalu keras, sehingga tidak membuat lipstik luber.

7. Percaya Diri!

Poin terakhir ini nggak kalah penting dibanding yang lain. Karena setelah kamu merasa cocok memakai lipstik warna gelap, langkah selanjutnya adalah melangkah keluar dan menunjukkannya ke semua orang. Tentunya hal ini harus disertai dengan rasa percaya diri tinggi dan tanpa keragu-raguan. Jangan pedulikan tatapan ‘aneh’ orang-orang yang melihat ke arahmu. Anggap saja mereka melihatmu karena merasa kagum.

 

 

 

 

IR / Foto: Instagram @nata_li_photography