Kalau beberapa tahun belakangan desain rumah atau interior minimalis banyak digemari orang, nah sekarang yang sedang booming dan hits adalah gaya hidup yang minimalis. Beberapa publik figur sudah menjalankan gaya hidup ini, salah satunya adalah Raditya Dika. Ia sempat mengunggah di akun YouTube miliknya tentang gaya hidup minimalis yang kini dianutnya. Radit menjual beberapa jam tangan koleksinya demi bergaya hidup minimalis.

Gaya hidup minimalis ini telah diterapkan dari beberapa tahun yang lalu oleh orang Jepang. Esensi dari gaya hidup ini adalah berusaha memiliki barang sesedikit mungkin, mengurangi pembelian barang, dan yang utama adalah untuk mengurangi “keterikatan hak milik” terhadap suatu barang. Hal ini diyakini bisa membuat hidup seseorang bisa menjadi lebih nyaman, tenang, dan berkualitas. Minimalis lifestyle for maximal living.

Dengan bergaya hidup minimalis kamu akan mendapatkan ruangan yang lebih luas, dikarenakan kamu tak lagi menyimpan barang-barang yang tak perlu. Hati yang lebih lapang, karena kamu lebih simpel dan santai dalam menjalani hidup, tidak khawatir dengan barang-barangmu dan tidak terbebani dengan barang apa saja yang harus dipunyai. Tidak memandang dari sebatas materi tapi lebih ke kualitas. Dan kamu juga akan punya lebih banyak tabungan, karena dengan bergaya hidup minimalis ini kamu bisa mengurangi belanja. Masih banyak lagi keuntungan lainnya lho.

Tertarik kan? Yuk Cantik cobain hidup minimalis bareng Hasna. Ini sedikit tips dan trik untuk kamu.

  1. Buat list “barang yang tidak kamu butuhkan lagi.” Acuan barang yang masuk ke list ini adalah barang-barang yang tidak lagi kamu pakai dari tiga bulan terakhir. Hasna tahu pasti list kamu langsung penuh kan! Barang yang ada di list ini bisa kamu buang, sumbangkan, atau di-garage sale saja.
  2. Tidak menyimpan barang yang mirip atau bahkan kembar. Biasanya perempuan suka beli barang yang sama dua kali, kadang karena lupa, atau karena bentuknya LUCU! Oh iya, ini juga berlaku untuk lipstik-lipstikmu ya Cantik hihi, nggak perlu lho punya lima lipstik warna nude, cukup satu saja. Jadi waktunya membuang timbunan barang-barang itu ya.
  3. “One in, one out” rule. Bergaya hidup minimalis bukan berarti tidak boleh belanja, cukup menguranginya saja. Dan setelah kamu membeli barang baru, jangan lupa untuk mengeluarkan barang lamamu juga. Ingat aturan yang ini ya.

Tiga tips Hasna tersebut untukmu yang baru saja memulai gaya hidup minimalis, fokusnya ke barang-barang terlebih dahulu. Setelah mulai terbiasa kamu bisa melanjutkan gaya minimalis ini untuk aspek kehidupan kamu yang lain. Misalnya minimalis dalam makanan (bukan diet ya) dan minimalis dalam bersosial media. Selamat mencoba Cantik, kabarin Hasna ya kalau sudah berhasil.

 

LDK / Foto: Pexels