Resolusi kamu ingin punya “gaya hidup” lebih baik dan menggapai hidup bahagia? Mudah saja kok, kamu cukup mengaturnya secara ‘point to point’ dan memilahnya menjadi beberapa bagian setiap satu minggu. Usaha ini cukup kamu lakukan secara rutin dan teratur selama satu bulan. Idealnya, kamu harus punya kebulatan tekad untuk menjalaninya secara continue. Ini yang perlu kamu lakukan:

Minggu Pertama: Berdamai dengan Tubuh dan Pikiran
  • Memulai Pagi dengan Ceria

Mari kita sambut pagi dengan hati yang bersih, lapang, dan bahagia. Bangunlah setidaknya jam lima pagi setiap hari untuk mendapatkan suasana damai dan tenang tanpa gangguan, ketika banyak orang masih terlelap tidur. Ini adalah waktu ideal untuk memulai olahraga pagi, yang akan membantu jiwa dan ragamu menjalani hari dengan mood maksimal.

  • Perhatikan Diet dan Asupan Nutrisi

Jika saat ini energi dan praktik gaya hidupmu masih digunakan untuk hal-hal yang tidak sehat seperti minum alkohol, merokok, mengonsumsi makanan instan, dan junk food, berarti kamu perlu mengatasinya dengan pola diet dan nutrisi yang tepat. Jangan pungkiri bahwa merokok, keripik kentang, minuman kemasan manis dan makanan cepat saji adalah sebagian dari sekian banyak asupan yang membawa ‘racun’ bagi tubuhmu. Mulai sekarang kamu harus menjauhkan semua asupan tersebut dari hidupmu. Kamu harus lebih peka dengan asupan yang dibutuhkan tubuh, atau mintalah saran dari ahli gizi sesuai dengan kondisi kesehatanmu. Yang paling penting adalah stop membebani diri dengan konsumsi makanan yang bisa meracuni tubuh. Dengan begitu, kamu akan memiliki lebih banyak energi, sehat, aktif, dan bahagia.

  • Buatlah Tubuh Bergerak Setiap Hari

Untuk menghilangkan penat dari rutinitas yang melelahkan, kamu perlu membuat tubuhmu bergerak setidaknya dengan melakukan sedikit gerakan yoga, jalan pagi, senam atau menari. Cobalah untuk bergerak lebih banyak setiap hari dengan cara apapun, agar kamu bisa melakukan rutinitas dengan stamina yang bugar dan mental bahagia.

 

 Minggu Kedua: Jadikan Privasi Menjadi Prioritas
  • Bersihkan Ruang Pribadi

Satu hal yang perlu kamu pahami adalah, setiap barang yang terletak di rumahmu, tidak hanya membutuhkan tempat, tetapi juga menghabiskan sebagian energi dan pikiran yang cukup memusingkan. Bersihkan dan buang barang-barang yang sudah rusak dan tidak diperlukan lagi. Simpan barang yang benar-benar berguna, dan masih dibutuhkan atau setidaknya yang paling kamu hargai dan membuatmu bahagia. Singkirkan semua barang rongsokan tanpa ragu. Apalagi jika kamu bisa sekaligus membersihkan debu dan lantai, pasti kamu akan merasa jauh lebih baik ketika melihat ruang pribadi kesayanganmu bersih dan rapi.

  • Penuhi Kewajiban dan Target Hidupmu

Kamu masih ingat kan berapa banyak resolusi Tahun Baru yang sudah kamu buat dari tahun ke tahun? Bahkan daftar ini selalu kamu ganti setiap tahun. Ingatkan diri untuk memenuhi janji yang sudah kamu buat pada diri sendiri dan orang lain. Putuskan apakah kamu perlu memenuhinya atau menganulirnya sama sekali dari daftar ‘to do’ yang kamu buat. Lakukan apa yang menjadi prioritas lebih dulu, daripada menggantungkan target dan mengumbar janji kepada orang lain yang belum tentu bisa kamu penuhi.

  • Menyortir Kehidupan Sosial

‘Bersihkan’ semua hubungan atau koneksi sosial apapun yang membuat hati nggak nyaman dan kecewa. Jangan berkutat dengan masa lalu yang pahit dan menyedihkan. Berhentilah berhubungan dengan orang-orang yang hanya membawa ‘toxic’ dan tidak membawa efek positif apapun untuk hidupmu.

 

Minggu Ketiga: Fokus pada 3 Hal Penting (Rencana, Tujuan dan Impian)
  • Rencanakan Waktu Luang

Saat ini kamu sudah masuk ke daftar minggu ketiga. Apakah kamu merasa senang dan antusias menjalaninya? Jika belum, mungkin kamu perlu mencoret beberapa hal dan menggantinya dengan hal baru yang lebih ‘membahagiakan’. Atau, kamu justru sangat menikmati semua daftar hingga di minggu ketiga ini. Fokuskan pada hal-hal yang kamu sukai dan menjadi rutinitas yang membahagiakan. Selain sibuk melakukan kewajiban pekerjaan dan kebutuhkan finansial, kamu juga wajib merencanakan waktu luang (inilah yang kadang terlupakan) untuk menemukan kualitas ‘me time’ bagi diri sendiri. Tulis semua rencana yang ingin kamu lakukan dengan menyertakan tenggat waktunya.

  • Buat Daftar Impian (bahkan yang tidak masuk akal)

Cobalah tulis daftar semua hal yang kamu impikan, bahkan yang menurut kamu tidak masuk akal dan susah digapai. Yang harus kamu lakukan adalah, membayangkan bahwa kamu memiliki semua waktu, uang, koneksi, dan bakat yang dibutuhkan untuk mencapai impian itu. Suatu hari nanti, jika impian kamu menjadi kenyataan, kamu akan tertawa geli ketika mengingatnya kembali. Karena dulu kamu berpikir sepertinya hal tersebut tidak mungkin tercapai.

Tulislah rencana ‘to-do list’ untuk hari berikutnya setiap malam. Urutkan dari rencana yang paling penting sampai yang kurang penting. Lakukan hal ini agar hari-harimu lebih terencana dan produktif setiap harinya.

Minggu Keempat: Hiduplah ‘out of the box’
  • Menjadi Berbeda Tidaklah Memalukan

Bahkan hal sekecil apapun bisa berpengaruh bagi kelangsungan hidupmu. Misalnya dengan mencoba hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Sebagai contoh, masuklah ke kafe yang belum pernah kamu kunjungi, atau mencoba jenis olahraga baru yang memicu adrenalin. Ketika setiap hari kamu sibuk melakukan hal yang itu-itu saja sepanjang waktu, tanyakan pada diri sendiri, “apa hal berbeda yang bisa saya lakukan sekarang”? Jangan pernah takut dan ragu mencoba sesuatu hal baru setiap harinya ya, Cantik.

  • Jangan Bertahan diZona Nyaman’

Jika kamu berhasil melakukan semua langkah sebelumnya, itu tandanya kamu sudah melangkah maju dari zona nyaman kamu saat ini. Tapi, kamu tetap perlu berlari lebih jauh dan ‘bertempur’ melawan ketakutan terbesarmu. Ketika kamu berhasil menaklukan ketakutanmu, kamu akan belajar ‘sesuatu’ dari hal-hal baru yang bisa dikembangkan dalam situasi apapun. Jangan takut mencoba, ya!

  • Refleksi Diri

Kamu harus lebih sering keluar rumah untuk meluangkan waktu demi merefleksikan dan meninjau ulang semua hal yang sudah kamu lakukan dalam beberapa bulan terakhir. Pikirkan tentang apa perubahan yang sudah terjadi dalam hidup kamu? Bagaimana kamu melanjutkan rencana untuk ke depannya nanti? Dengan melakukan hal-hal sederhana ini setiap hari dan melatihnya terus menerus, kamu akan mulai merasakan harmoni dan keselarasan hidup yang selama ini kamu idamkan. Jangan sia-siakan hidup untuk sesuatu yang tidak berguna, hiduplah lebih lama dan bermanfaat bagi semua orang. Be happy and stay healthy!

 

IR / Foto: freepik @jcomp