Cantik, menurut kamu tampil fashionable itu penting ga sih? Kalau menurut Hasna sih penting terutama untuk first impression ketika bertemu dengan orang lain. Tapi gak perlu khawatir mengeluarkan uang banyak atau ribet nambah isi lemari untuk menyimpan semua baju-baju fashionable kamu, karena ada lho jasa penyewaan baju fashion.

Dalam rangka melanjutkan usaha untuk mempromosikan gerakan sustainable fashion dan mindful spending dalam berbelanja, Rentique kemarin berpartisipasi pada Jakarta Fashion Week (JFW) 2020. Rentique sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan platform digital untuk penyewaan pakaian fashion wanita rancangan desainer.

“Rentique didirikan untuk menjawab kebutuhan fashion perempuan di Indonesia, kita sebagai perempuan selalu ingin terlihat fashionable setiap saat, tapi terkendala dengan opsi dan budget yang terbatas. Melalui  aplikasi Rentique,  perempuan di Indonesia bisa tampil stylish setiap saat dengan koleksi rancangan desainer dan juga dengan harga yang bersahabat mulai dari Rp 80.000 untuk empat hari penyewaan,” ujar Dea Amira, CEO Rentique.

Dea juga menambahkan bahwa dari riset yang mereka lakukan menunjukkan bahwa lebih dari 80% penggemar fashion Indonesia lebih memilih belanja produk fast fashion karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan koleksi desainer. Namun ternyata usia pemakaian hanya dua hingga tiga kali setelah pembelian. Perilaku ini mendorong lebih banyak limbah tekstil yang terproduksi. Melalui Rentique, penggemar fashion bisa mendapatkan banyak pilihan untuk lebih fashionable sekaligus berkontribusi dalam meminimalisir limbah tekstil dunia.

Berikut hasil survei yang telah dilakukan Rentique kepada 500 responden di usia 24-35:

68% Perempuan mengeluarkan 1,5 juta Rupiah untuk produk fast fashion setiap bulannya.
92% Perempuan mengaku bahwa mereka tidak memiliki pakaian yang layak untuk dikenakan untuk menghadiri acara yang spesial.
75% Perempuan mengaku setelah mengunggah foto dressnya di Instagram, mereka tidak akan mengenakannya lagi.
75% Perempuan setuju bahwa satu fast fashion dress hanya akan dikenakan 2-3 kali setelah pembelian.

Dalam JFW 2020 kemarin, Rentique berkolaborasi dengan tiga desainer muda Indonesia seperti Jii by Gloria Agatha, Reves Studio, dan Tertiaenda. Masing-masing desainer memiliki estetika desain yang berbeda dan karakteristik yang unik. Ketiga desainer yang Rentique pilih juga telah melakukan “sustainable practice” dalam memproduksi koleksi mereka. Koleksi desainer-desainer ini tersedia di aplikasi Rentique dan bisa disewa mulai 31 Oktober 2019.

Rentique X Jii by Gloria Agatha:

Rentique X Reves Studio:

Rentique X Tertiaenda:

Rentique berkolaborasi dengan desainer muda Indonesia dalam JFW 2020: Gloria Agatha (Jii), Tertia Enda (Tertia) dan Karina Pricilla & Karina Widjaja (Reves Studio):

Jadi mau fashionable dengan biaya bersahabat? Cyus, langsung download aplikasi Rentique yang sudah tersedia di App Store dan Play Store.

 

JL / Foto: Dok. Rentique, Instagram @rentiqueid @jiigloria @revesstudio @tertiaenda