Hai Cantik Si Fashionista, siapa yang mengikuti pagelaran bergengsi Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 dari 22-28 Oktober kemarin? Keren-keren banget ya, Cantik. Dari keseluruhan show yang ditampilkan, ada satu yang unik persembahan Danone-Aqua, yakni gelaran busana-busana ‘ramah lingkungan’ yang diproduksi dari bahan-bahan daur ulang dengan tema “Innovation for Goodness”.  Fashion show hasil kolaborasi Danone-Aqua bersama desainer ternama fbudi, Kana Goods, KresKros, Pijakbumi dan seniman Ika Vantiani bersama “It’s in Your Hand Collective”, merupakan bagian dari gerakan #BijakBerplastik sebagai bukti kepedulian terhadap lingkungan, terutama sampah plastik, yang menampilkan fesyen dengan asas berkelanjutan dalam JFW 2020, pada 25 Oktober 2019, di panggung Atrium Senayan City.

Sebelum para model keluar dan berjalan di catwalk memamerkan busana-busana nan hits, pertunjukan musikal Jakarta Movement of Inspiration (JKTMoveIn), komunitas seni pertunjukan terbesar di Jakarta, turut membuka acara. Senada dengan Danone-Aqua, JKTMoveIn juga memiliki misi untuk memberdayakan pemuda serta menyampaikan pentingnya kesadaraan mengelola sampah secara bertanggung jawab melalui pertunjukan seni.

“Sebagai merek asli Indonesia yang telah berdiri selama 45 tahun, kami bangga bisa terus mendukung aktivitas yang terus menyebarkan kebaikan pada masyarakat Indonesia. Melalui partisipasi di Jakarta Fashion Week, kami ingin memperlihatkan kepada konsumen bahwa mereka dapat melakukan kebaikan dengan memilih produk dan jasa yang tidak hanya berkelanjutan, tetapi juga memberdayakan mereka yang terlibat dalam proses produksi barang dan jasa tersebut,” ujar Intan Kartika, Brand Director Danone-Aqua.

Felicia Budi, salah satu desainer yang berkolaborasi dengan Danone-Aqua, menampilkan beberapa busana dari bahan Polyester dan Taffeta hasil daur ulang botol platik Aqua. Ditambah dengan bahan daur ulang lainnya yang bisa dikombinasikan menjadi satu desain busana yang unik, fancy, dan milenial Felicia juga menyampaikan bahwa misi dari brand fbudi adalah untuk berkontribusi bagi masyarakat melalui pemberdayaan komunitas dan pekerja lokal. “Sejak awal, visi dan misi fbudi adalah untuk berkontribusi bagi masyarakat dengan menggunakan fashion sebagai medium untuk mencapai tujuan tersebut. Mengarahkan suatu merek menuju masa depan yang berkelanjutan lebih dari sekadar menggunakan bahan ramah lingkungan, tetapi juga memberdayakan pekerja lokal agar dapat lebih memperhatikan lingkungan. Saya percaya bahwa keberlanjutan akan menjadi aspek penting di industri fesyen dan menuntut perhatian semua desainer dalam berkreasi,” ujarnya.

Model dan aktris Kelly Tandiono, yang juga Brand Partner Danone-AQUA, ikut berpartisipasi memperagakan balutan busana karya fbudi yang terbuat dari kain Tafetta dan Polyester sebagai hasil olahan daur ulang  botol plastik yang dikumpulkan dan diolah secara parsial oleh unit daur ulang (RBU) Danone-Aqua. Serta para model lain yang memamerkan beberapa busana dengan sentuhan warna biru dan motif batik chic bahan denim.

Danone-AQUA memiliki total enam RBU yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali yang rata-rata dapat mengumpulkan hingga 12.000 ton botol plastik bekas setiap tahunnya. RBU yang dimiliki Danone-AQUA memungkinkan mereka untuk memproduksi kemasan yang 100% terbuat dari hasil daur ulang dan 100% dapat didaur ulang kembali. Menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama, partisipasi Danone-AQUA dalam Jakarta Fashion 2020 merupakan kelanjutan dari kolaborasi perusahaan dengan banyak pihak dalam mengampanyekan #BijakBerplastik.

Ini superkeren ya, Cantik!

 

IR / Foto: dok. Danone-Aqua