Cantik, kamu tahu gak sih kalau rambut itu punya arti penting buat para perempuan karena dicerminkan sebagai mahkota yang harus banget dijaga. Sama halnya dengan kosmetik, kecantikan rambut juga tak kalah menarik. L’Oréal Professionnel Style and Colour Trophy 2019 yang merupakan kompetisi hairdresser terbesar di dunia yang kembali digelar di Indonesia selama delapan tahun yang dilaksanakan pada ajang Jakarta Fashion Week 2020. Sejak Juli lalu, sebanyak 200 peserta telah berhasil melalui proses penilaian dan pemenang akan mewakili Indonesia  pada ajang L’Oréal Professionnel Style and Colour Trophy 2019 tingkat dunia di Milan, Italia pada Maret 2020 mendatang.

“Dari tahun ke tahun, L’Oréal Professionnel Style and Colour Trophy telah berhasil menghasilkan bintang penata rambut yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Dengan kompetisi ini, para finalis dan pemenang L’Oréal Professionnel Style and Colour Trophy akan menjadi sosok yang terpercaya dimata masyarakat Indonesia dan dunia untuk membawa seni tata rambut dan standar kreativitas ke tingkat paling tinggi,” kata Hendra Purjaka, Brand Manager L’Oréal Professionnel.

Menurut Indra Tanudarma, Head of Education L’Oréal Professionnel, tema yang diangkat untuk kompetisi hairdresser terbesar tahun ini yaitu “Hair Inspired by Fashion” guna meningkatkan kreativitas para hairdresser di seluruh Indonesia dalam menciptakan tampilan warna, gaya rambut, makeup, busana serta aksesoris yang fashionable serta mendapatkan kepercayaan dari publik mengenai keahlian para hairdresser yang dibutuhkan konsumen agar terlihat stylish dan sesuai dengan karakternya.

Selama proses kompetisi ini, terdapat beberapa poin penting yang dinilai sebelum dinobatkan menjadi pemenang yaitu kemampuan para peserta membuat tampilan total look terbaik, modern, multi dimensi dan hasil warna yang mengacu pada tren terkini serta sesuai dengan kepribadian seluruh wanita di dunia. Salah satu unsur penilaian yang penting dilihat dari kreasi warna rambut yang juga didukung oleh konsep, inspirasi kreasi, kebersihan dan kerapian area kerja, managemen waktu, dan presentasi hasil kreasi itu. Hasil kreasi dari para peserta kemudian ditampilkan pada ajang Jakarta Fashion Week 2020 dan dinilai oleh kelima juri asal lokal serta internasional yang mewakiliki keahlian masing-masing, diantaranya Margaretha Untoro (Editor in Chief & CCO DEWI Magazine), Glenn Prasetya (Professional Fashion Photographer), Danielle Solier (Co-Owner dan Colour Director Xiang Hair CBD dan Co-Owner RazorSmith Barbershop, Australia), Gary Chew (L’Oréal Professionnel ID Artist, Co-Founder/Director Salon Vim Singapore), dan Simi Keer (L’Oréal Professionnel Zone Education Director untuk ASEAN).

Selain mendapat gelar pemenang L’Oréal Professionnel Style and Colour Trophy 2019, para peserta yang telah berhasil menjadi finalis juga bersaing memperoleh gelar juara pada dua kategori utama, yakni Colour Trophy Award dan Young Colorist Award. Pada kategori Young Colorist Award diberikan pada peserta berusia maksimal 25 tahun lulusan SMK jurusan tata rambut agar generasi muda yang memiliki minat pada dunia hairdressing dapat mengembangkan talenta baru. Tidak hanya itu, para finalis juga berkesempatan meraih Special Awards yang terdiri dari Best Color, Best Cut & Stylem Editorial Award dan People’s Choice Award.

”Tahun ini kami mendapatkan hampir 200 pendaftar, yang berasal dari 30 kota lebih dari 100 salon di seluruh Indonesia yang telah mendaftar secara online melalui www.lorealcolourtrophy.co.id maupun secara offline. Pemenang pertama kategori utama akan mendapatkan hadiah trip edukasi di Inggris sekaligus berkesempatan mengikuti ajang L’Oréal Professionnel Style and Colour Trophy tingkat dunia di Italia. Sementara runner-up dan pemenang kategori Young Colorist Award akan mendapatkan trip edukasi ke Australia dan Malaysia, yang sangat bermanfaat bagi pengembangan karir masing-masing hairdresser,” ungkap Indra Tanudarma.

Pada panggung besar Jakarta Fashion Week 2020, L’Oréal Professionel telah berkontribusi dengan lebih dari 350 penata rambut dan menciptakan lebih dari 12 ribu gaya serta tatanan rambut di 600 fashion show selama Jakarta Fashion Week berlangsung. Rangkaian produk penataan rambut TecniART telah menjadi produk penataan rambut resmi di Jakarta Fashion Week 2020.

“Tahun ini menjadi tahun ke delapan L’Oréal Professionnel memberikan dukungannya di Jakarta Fashion Week, melalui perhelatan L’Oréal Professionnel Style and Colour Trophy yang juga diadakan untuk kedelapan kalinya. Ini menjadi kali pertama di seluruh dunia ajang grand final L’Oréal Professionnel Style and Colour Trophy ditampilkan di panggung fashion week. Kami berharap ajang yang telah menghasilkan banyak hairdresser bertalenta ini dapat semakin meningkatkan standar kreativitas dan inovasi para hairdresser, serta dapat terus menginspirasi semua hairdresser dan pecinta mode tanah air,” tutup Hendra.

Pemenang kategori utama Colour Trophy Award, Lie Kuang & Co. Saidan – Semarang (The Inca Girl | When traditional meet fashion)

Runner Up 1 kategori utama Colour Trophy Award, Lie Kuang & Co. Innovative Solo Square (Masculine Feminine | Manifasting with Masculine Feminine)

Runner Up 2 kategori utama Colour Trophy Award, Irwan Team Hairdesign Emporium Pluit Mal – Jakarta (Aphrodite)

Pemenang kategori utama Young Colorist Award, Irwan Team Hairdesign Emporium Pluit Mall – Jakarta (Luminosa)

Seru-seru ya gaya rambutnya? Bisa ditiru nih, Cantik!

 

GD / Foto: dok. L’Oréal Professionnel