Pekan mode terbesar di Indonesia yang telah digelar sejak tahun 2007, Jakarta Fashion Week (JFW) memutuskan untuk mengundurkan waktu pelaksanaan yang sepatutnya diadakan pada 19 Oktober hingga 25 Oktober 2019 mendatang. Alasan dibalik pengunduran waktu ialah waktu pelaksanaan JFW bertepatan dengan pelantikan resmi pemimpin negara Indonesia pada 20 Oktober 2019 mendatang.

“Indonesia telah memilih, dan Presiden serta Wakil Presiden akan dilantik pada 20 Oktober 2019. Sehingga demi kelancaran proses tersebut, beberapa area yang termasuk pada lapis pertama lokasi prosesi akan diberikan keamanan yang lebih ketat. Kebetulan, Senayan City termasuk dalam area tersebut,” jelas Svida Alisjahbana selaku CEO GCM Group dan Chairwoman Jakarta Fashion Week.

Keputusan final yang ditetapkan oleh pekan mode utama Tanah Air agar acara tetap berjalan sebagaimana mestinya, memutuskan JFW 2020 akan resmi digelar selama 6 hari, mulai 22 Oktober 2019 hingga 28 Oktober 2019. Sementara itu, Fashionlink Showroom and Market juga akan mengalami pergeseran waktu menjadi 22 Oktober 2019 hingga 26 Oktober 2019.

”Kami sudah menghubungi seluruh mitra dan desainer terkait penyesuaian jadwal. Beberapa mitra setuju bahwa keputusan dimundurkannya Jakarta Fashion Week 2020 tahun ini justru akan memastikan jumlah partisipasi yang lebih prima dari para undangan dan pecinta fashion yang datang sebagai pengunjung,” tambah Svida.

Seluruh rangkaian acara akan tetap diselenggarakan pada lokasi yang sama seperti sebelumnya, Senayan City, Jakarta Pusat serta undangan yang telah disebarkan dapat diperoleh melalui aplikasi Jakarta Fashion Week dengan syarat dan ketentuan yang sama. Terjadi pergeseran waktu pelaksanaan ini merupakan bentuk penghormatan dan keamanan dari pihak Jakarta Fashion Week sehingga seluruh jalan acara dapat berjalan lancar dan aman.

 

“Kami menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang anda alami, akan tetapi kami harap anda dapat berbagi semangat kami untuk menghormati prosesi kenegaraan yang akan berlangsung,” kata Svida.

 

GD / Foto: dok. Jakarta Fashion Week, Instagram @jfwofficial