Gerakan Indonesia Creative Week (IDC Week) yang telah berlangsung sejak tahun lalu sebagai wadah bagi pelaku industri kreatif kembali hadir pada tahun ini dengan visi misi baru. Salah satunya, menggandeng kolaborator terbaru yakni Jakarta Culinary Feastival yang akan dilaksanakan pada 3-6 Oktober 2019 di Senayan City, Jakarta.

Pada IDCWeek sebelumnya, Jakarta Fashion Week, IdeaFest, dan Brightspot merupakan tiga platform dengan tampilan berbeda dikemas dalam segmen yang sama untuk meningkatkan gerakan ini semakin luas. Untuk itu Kehadiran Jakarta Culinary Feastival sebagai mitra terbaru berguna untuk membentuk ekosistem yang saling berkaitan. Hal ini juga akan berdampak pada para insan kreatif dalam mengeksplor konten.

“Dengan IDCWeek tahun ini, kami kembali bekerjasama untuk mempromosikan industri kreatif melalui program masing-masing. Hal ini kebetulan sejalan dengan visi kami di Jakarta Fashion Week tahun ini, yaitu untuk #MerayakanIndonesia. Tagar bertuliskan Merayakan ini merupakan bentuk kebanggaan dalam merayakan potensi kreativitas lokal, keberagaman talenta yang ada, merayakan berbagai warisan budaya Indonesia yang kaya dengan kultur dunia,” kata Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week dan CEO GCM Group.

Selain itu, kehadiran salah satu platform yang sangat dikenal sebagai ‘A curated market of all things cool’ menginisiasi IDCWeek yakni Brightspot. Sebagai platform pioner yang mengembangkan industri kreatif Indonesia melalui proses pemasaran, kinerja Brightspot telah berjalan secara konsisten dalam memberi dukungan penuh bagi individu dan organisasi yang bergerak dalam bidang karya dan bakat.

Dalam meningkatkan dukungan terhadap kumpulan karya anak bangsa yang kini telah diakui secara global, Ideafest hadir dalam bentuk konferensi kreatif terbesar di Indonesia yang berupaya mendorong kreativitas sumber daya manusia. Menurut Ben Soebiakto, Co- Chairman Ideafest mengatakan, pertumbuhan industri kreatif yang semakin positif akan mendorong munculnya sumber daya manusia unggul dan sukses dalam mengharumkan nama bangsa.

“Beberapa orang ternama seperti Joe Taslim, Joko Anwar, Dian Sastrowardoyo, dan Griselda Sastrawinata membuat kita melihat sekarang adalah era kita bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Munculnya rasa bangga ini kemudian menginspriasi lahirnya Age of Pride, yang akan menjadi tema besar IdeaFest tahun ini pada 3-6 Oktober 2019 di Jakarta Convention Center,” tambahnya,

Melalui IdeaFest diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk berkolaborasi dalam mencari dan mengangkat cerita-cerita kebanggaan anak bangsa melalui gerakan #KebanggaanIndonesia. Tidak hanya itu, gerakan ini juga merupakan komitmen untuk terus menginspirasi insan kreatif Indonesia dan membawa nama Indonesia hingga belahan dunia.

GD / Foto : dok. Indonesia Creative Week