Mitos atau Fakta? Pasta gigi ampuh obati luka bakar.

Kalau habis kena luka bakar entah di tangan atau kaki dan oleskan pasti gigi rasanya perih banget, tapi konon ampuh buat redakan dan hilangkan bekas lukanya. Benarkah? Atau cuma sugesti aja ya? Yuk, kumpas faktanya bareng Hasna!

Jawabannya: MITOS.

Cukup mengejutkan ya, Cantik ternyata pasta gigi tidak boleh digunakan saat mengalami luka bakar dan melepuh akibat tersiram atau terciprat minyak saat memasak. Padahal banyak orang yang percaya dengan mengolesi pasta gigi dan minyak akan meredakan luka bakar tersebut. Faktanya, pasta gigi tidak akan meringankan luka yang ada karena terdapat kandungan pewarna dan pemutih yang bisa memicu infeksi dan memperparah luka kamu.

Jadi, pertolongan pertama yang bisa kamu terapkan saat terjadi luka bakar adalah segera membilasnya di bawah air mengalir dari keran selama minimal 15 menit atau bisa juga mengompres dengan kain bersih yang dibasahi air agar meredakan serta menenangkan panas akibat luka bakar. Hindari membilas dengan air es atau mengompres dengan es batu karena temperatur yang ekstrim akan memperparah kerusakan jaringan kulit yang terbakar.

Setelah itu, kamu bisa menggunakan aloe vera gel dan bioplacenton agar mempercepat proses penyembuhan.