Sering ngalamin susah tidur pas malam hari gak, Cantik? Padahal badan uda capek, mata uda tinggal berapa watt pun tetap aja gak bisa tidur. Ibarat burung hantu yang tidur di siang hari dan malam hari baru muncul. Sebenarnya, penyebab insomnia dikarena kebiasaan tidur yang gak baik dan bergadang. Selain itu, karena kamu mengonsumsi minuman yang ada kafein tinggi seperti kopi. Nah, Hasna bakal ngasih tips buat kamu gimana ngatasin insomnia kamu nih, coba dipraktekkan ya.

 1. Atur Jam Tidur

Sesuatu dapat terjadi karena dimulai dari kebiasaan, Cantik. Jadi bila kamu terbiasa bergadang hal ini buat kamu jadi susah juga untuk tidur lebih cepat.  Untuk dewasa muda membutuhkan waktu tidur 7-9 jam setiap hari. Jam tidur yang paling ideal adalah sebelum jam 12 malam, Cantik. Coba bayangkan jika kamu tidur kurang dari 7 jam, otomatis kamu akan merasa lebih lelah, pusing dan lebih sensitif. Dengan tidur yang cukup, kesehatan tubuh dan kulit akan lebih baik dan sehat.

2. Minum Teh Herbal dan Hindari Kafein

Pasti buat yang sudah kuliah atau bekerja akan sulit memulai hari tanpa segelas kopi. Tentu saja gak masalah kalau diminum dalam batas wajar. Minum lebih dari empat cangkir kopi sehari berisiko dan ada efek samping. Jadi, konsumsi kopi secukupnya saja bila diperlukan ya, Cantik. Untuk minuman cocok bagi penderita insomnia, Hasna rekomendasikan Teh Sumiati Bunga Tujuh Rupa, minuman herbal yang bisa kamu beli di Hasna Marketplace. Minuman herbal ini berbentuk teh celup dengan campuran tujuh macam bunga-bunga dikeringkan yang terdiri dari Rosella, Butterfly Pea, Honeysuckle, Chrysantemum, Lavender, Lily, dan French Rosebud. Aromanya bikin relax lho, Cantik!

3. Slow Instrumental Music

Dengerin lagu slow instrumental seperti relaxing jazz dapat membantu kamu saat kesulitan tidur karena membuat badan dan pikiran menjadi rileks. Putarlah musik dengan ritme lambat yang lembut dan memberi ketenangan. Tanpa sadar, kamu akan tertidur dengan pulas. Penting untuk memilih instrumental dan tanpa vokal karena nanti malah ikutan nyanyi dan ngga tidur-tidur. Dan jangan menghidupkan terlalu kencang karena beresiko merusak pendengaran kamu. Sebagai alternatif bisa juga mendengarkan rekaman suara-suara alam seperti ombak di pantai, suasana pedesaan, atau hutan di gunung.

4. Steam Eye Mask

Salah satu produk rekomendasi dari Hasna buat kamu kalau sedang susah tidur, coba pakai masker mata yang memiliki sensasi hangat. Manfaat dari penggunaan masker adalah dapat atasi mata sembap, hilangkan mata panda dan menjadikan mata lebih segar di pagi hari. Pakai di malam hari dan dibawa tidur, maka esok pagi kamu akan merasa lebih fresh dan semangat jalani hari. Contoh produk: Kao MegRhythm Steam Eye Mask

5. Scented Candle atau Essential Oil Diffuser

Setelah memakai masker mata, kamu juga bisa menyalakan scented candle atau diffuser jika punya. Pilih aroma soft dan sesuai dengan selera kamu supaya lebih nyaman. Untuk diffuser, kamu bisa tetes 2 – 3 minyak esensial aromaterapi yang membantu tidur lebih nyenyak seperti lavender, rose, dan chamomile.
Oya Cantik, penting untuk selalu berhati-hati bila menyalakan lilin, perhatikan barang-barang di sekelilingnya, jauhkan dari yang mudah terbakar seperti tirai, selimut, kertas.

6. Hindari Tidur Siang

Menghabiskan waktu beberapa jam untuk tidur siang juga bisa mempengaruhi kesulitan tidur di malam hari. Istilahnya tenaga kamu telah di charge setengah persen tentu masih ada sisanya buat lakuin aktivitas. Cobalah untuk produktif di siang hari hingga sore dan badan kamu secara otomatis akan minta istirahat.
Bila mengantuk sudah ngga tertahankan lagi, usahakan take a nap atau siesta hanya 15 – 30 menit dalam posisi nyaman. Jangan lupa pasang alarm di ponselmu.

Semoga daftar tips di atas dapat membantu kamu yang masih mengalami insomnia di malam hari. Yuk, ubah pola hidup dan rawat badan kamu supaya tetap sehat dan awet muda ~

 

GD / Foto: freepik / Video: youtube @CafeMusicBGMchannel