Fast & Furious yang sedang tayang saat ini merupakan film spin off dari seri Fast & Furious yang berkisah tentang balapan mobil hingga action. Namun, seri Fast & Furious ini dibintangi oleh dua tokoh utama Luke Hobbs (Dwayne Johnson) dan Deckard Shaw (Jason Statham). Menariknya lagi, secara keseluruhan plot dalam film ini lebih dominan action dan drama dibanding balapan mobil-mobil keren seperti seri sebelumnya. Sehingga memberi kesan tersendiri bagi Hasna seperti pesan yang didapat setelah menonton Fast & Furious: Hobbs and Shaw.

1. ORANG JAHAT BISA BERUBAH BAIK

Tokoh Shaw dalam film sebelum-sebelumnya selalu digambarkan sebagai antagonis dan bermasalah dengan polisi. Namun berbeda dengan sebelumnya, Shaw kini menjadi sosok family oriented yang mencintai ibu dan adik perempuannya, Hattie Shaw (Vanessa Kirby) meski mereka sempat bermusuhan. Meski Shaw merupakan penjahat, tapi ia mempunyai cara tersendiri untuk melindungi Hattie meski membahayakan nyawanya sendiri.

2. TEAM WORK

Baik Hobbs dan Shaw keduanya tidak pernah akur dan selalu bertengkar. Takdir menyelamatkan kehidupan orang banyak di tangan mereka, hingga akhirnya memaksa keduanya agar bekerja sama. Keduanya sama-sama berusaha beradaptasi satu sama lain, saling menyimbangi dan melupakan ego masing-masing. Momen lain yang berkesan menurut Hasna ketika Hobbs dan saudara-saudaranya juga kerjasama bahkan merelakan nyawanya agar bertarung bersama. Semua hanya dapat dilakukan bila sehati, sepikir dan setujuan.

3. FAMILY = HOME

Keluarga merupakan hadiah terindah yang pernah dimiliki dalam hidup. Meski sering bertengkar antar sesama, hanya keluarga sendirilah yang mampu menerima keadaan kita dengan lapang dada, Cantik. Scene yang paling berkesan menurut Hasna adalah ketika Hobbs yang telah meninggalkan keluarganya dan tidak pernah datang kembali, tapi mamanya tetap menyambut baik dan membantu masalah yang Hobbs hadapi. Hal ini menunjukkan seberat apapun masalah kamu, Cantik keluarga merupakan tempat kamu mencurahkan keluh kesah dan yang menerima diri kamu apa adanya.

4. STAY POSITIVE

Pikiran yang positif merupakan poin penting ketika kita sedang dihadapi masalah. Sering kali, masalah yang mengambil ahli pikiran kamu sehingga  berakhir pesimis dan patah semangat. Film ini mengajarkan kamu bagaimana harus bersikap optimis dan berusaha keras menyelesaikan masalah dengan  kepala dingin. Shaw sebagai kakak berusaha mati-matian agar tetap menyelamatkan hidup Hattie, meski mereka sempat bermusuhan. Shaw tetap menyemangati Hattie agar tidak cepat putus asa dengan memilih mati daripada harus berusaha keras. Hal ini menjadi reminder buat kita ya, Cantik agar selalu think positive dan pantang menyerah.

5. ACCEPT WHO YOU ARE

Dalam Fast & Furious muncul penjahat jenis baru yang dikontrol dan dibuat menggunakan teknologi canggih agar mampu menjadi manusia terkuat. Ilmu pengetahuan tidak lagi dipakai untuk kebutuhan  manusia melainkan manusia semakin tamak untuk menjadi terkuat dan terhebat di seluruh muka bumi. Padahal, Tuhan menciptakan setiap manusia unik dan kuat pada kemampuannya masing-masing sehingga harus selalu bersyukur. Perkuat diri dengan ilmu demi memajukan bangsa dan membantu orang yang kesusahan.

 

Ternyata, kalau menonton film itu, selain sebagai hiburan, kita bisa mendapatkan ‘pelajaran’ mengenai kehidupan ya, Cantik. So cool!

 

GD / Foto: Instagram @hobbsandshaw