Cantik, kamu sering ngalamin kram atau mules tiap kali gak pas PMS (Premenstrual Syndrome)? Uda bawaan hormonnya pingin emosian mulu, belum lagi mulesnya sampai susah buat jalan. Saking magernya maunya tiduran mulu ibawah selimut hangat. Eits…meski nyeri pas PMS melanda, ternyata gak bagus loh terus-terusan tiduran di kasur. Nah, Hasna punya beberapa tips buat kamu ladies yang masih berjuang ngelawan nyeri tiap bulan. Kuy disimak ya, Cantik.

1. KOMPRES HANGAT

Kram pada umumnya terjadi di sekitar atas dan bawah perut, jadi kamu bisa mengompres dengan menempelkan handuk hangat. Option lain agar ingin menjaga suhu airnya tetap hangat, kamu bisa mengganti dengan pakai tumblr atau termos bahan stainless di area yang nyeri. Selain itu, Hasna juga merekomendasikan Cantik untuk mencoba menstrual pad guna meredakan nyeri, mudah dibawa kemana-mana dan affordable. Contoh produk : AMMELTZ YOKO YOKO Heat Patch Menstrual Pain dan Menstrucare.

2. KONSUMSI AIR PUTIH

Selama menjalani PMS disarankan agar kamu mengonsumsi banyak air putih. Hal ini akan memberikan manfaat aliran darah selama mens dapat lancar. Selain itu, selama menstruasi kondisi badan kamu lebih lemah dan mudah terserang penyakit. Jadi jangan lupa banyak minum air agar tetap fit menjalani hari, Cantik.

3. SAY NO TO SPICY AND COFFEE

Memang buat beberapa kamu pecinta kopi pasti susah dilakuin terutama buat memulai hari. Tapi dengan mengonsumsi kafein dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga bisa menambah cramps (nyeri). Begitu juga makanan pedas tidak dianjurkan supaya gak memperparah sakit di perut.

4. KONSUMSI MAKANAN YANG TEPAT

Penting sekali menjaga makanan khususnya mengandung magnesium agar mengurangi nyeri dan sakit kepala/pusing serta menjaga kondisi tubuh tetap fit. Rekomendasi makanan yang tepat saat mens seperti sup ayam, kacang almond, sayur bayam dan raspberry tea.

5. YOGA

Olahraga berat memang tidak dianjurkan pada saat PMS, namun kamu dapat melakukan aktivitas ringan seperti jalan santai dan yoga. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan melancarkan peredaran darah selama menstruasi berlangsung. Simak video di bawah ini ya Cantik:

6. KONSUMSI OBAT PEREDA NYERI

Jika nyeri/kram berlangsung lama dan sampai mengganggu aktivitas kamu, maka kamu boleh mengonsumsi obat pereda nyeri seperti feminax atau paracetamol. Tapi jangan lupa untuk mengisi perut dengan makanan terlebih dulu sebelum mengonsumsi obat. Ikuti aturan pakai sesuai dosis yang tepat dan simpan pada suhu ruangan.

Nah, sekarang kamu udah tahu kan gimana caranya melawan cramps sekarang, Cantik? Tetap happy dan semangat aktivitas kamu sepanjang hari ya!

 

GD / Foto : freepik, ammeltz.com, Instagram @menstrucare.id / Video: Youtube SarahBethYoga