Cantik, kamu suka sebel kamu ngaca liat pori-pori kamu kok gede banget? Jadinya makeup terasa gak halus merata? Belum lagi keringat dan jerawat gampang banget datang gara-gara si pori-pori yang ‘buka diri’ ini?

Udah, tenang aja, yuk ikhtiar. Ini lho ada 7 cara supaya pori-pori kamu mengecil.

1. Laser Treatment

Bukan cuma bekas jerawat atau bekas luka, laser juga bisa mengecilkan pori-pori kamu. Kalau kamu belum pernah laser treatment, supaya kulitmu gak kaget, coba dulu laser treatment yang non-abrasive, misalnya as Nd:YAG laser, the Alexandrite laser, atau light-based treatment seperti IPL. Jenis-jenis laser tersebut tidak menyakitkan tapi sensasinya hangat.

2. Tretinoin atau Retinol

Tretinoin adalah bentuk lain Vitamin A yang bisa mengobati jerawat ini juga bisa mengecilkan pori-pori. “Dengan penggunaan yang rutin, produk yang mengandung retinoid bisa mengecilkan pori-pori,” ujar Dr. Mahto di Elle UK. Walau kadar 0,05% Tretinoin ampuh mengecilkan pori-pori, tetapi juga bisa bikin kulitmu kering. Jika kamu terganggu dengan kulit kering, lebih baik pilih produk dengan Retinol yang mungkin kadarnya di bawah Tretinoin tapi setidaknya kulitmu tidak terlalu kering. Hasna sarankan, coba deh produk The Ordinary dengan Retinol 1% Squalane.

3. Micro-Needling Treatment

Apa itu? Menggunakan jarum-jarum kecil yang ditusuk-tusuk ke wajahmu untuk remodel kolagen dan mempercepat pertumbuhan kulit sehingga lama-lama pori-pori kulitmu mengecil. “Jika kamu gak siap dengan kulitmu menjadi kemerahan, kamu bisa coba mikrodermabrasi yang menghilangkan kulit mati dan pelan-pelan mengecilkan pori-pori kulitmu,” ujar Lorraine Scrivener dari Eden Skin Clinic di Inggris.

4. Chemical Peeling

“Peeling membuat kulit terasa ‘hidup kembali’ , karena menghilangkan sel kulit mati dan menggantikannya dengan yang lebih segar. Pori-pori pun mengecil,” ujar Lorraine. Chemical peeling harus dilakukan seorang yang profesional. Beberapa tipe chemical peeling adalah: glycolic (mengupas sel kulit mati), TCAs (trichloroacetic acids yang mengupas lapisan atas kulit dan mengeringkannya, serta fruit acid (tipe AHA, yang melembapkan kulit yang sangat kering).

5. Ekstra Pelembap

Kamu selalu berpikir kulit kering itu justru bikin pori-pori kecil? Salah! Walau kamu jerawatan, jangan lupa untuk selalu melembapkan wajahmu, Cantik. “Pori-pori terbuka karena beberapa sebab, di antaranya kurangnya kadar air di kulitmu, bisa karena genetik, bisa juga karena proses penuaan. Karena itu pentingnya menjaga kelempaban kulit, “ ujar Kristi Shuba skincare specialist. Jangan takut melembapkan kulitmu ya Cantik, supaya gak gampang keriput atau gak penuaan dini dan justru sekaligus mengecilkan pori-pori. Hasna merekomendasikan Hyaluronic Gel Moisturizer dari Tata Harper.

6. Tutupi dengan Makeup

Masih aja si pori-pori terlihat besar menurutmu? Coba tutupi dengan makeup. Yang paling penting adalah step awal, yaitu penggunaan foundation yang harus benar. Cara ampuh membuat pori-pori terlihat kecil adalah, pertama, menggunakan primer (gak boleh di-skip!), lalu kedua, pengaplikasian foundation harus hati-hati dan pakai bantuin kuas atau beauty blender hingga merata, dan ketiga, kamu diamkan dulu beberapa menit sebelum kamu pakai bedak padat lalu bedak tabur (jadi jangan langsung dari foundation kamu tutupi powder). Hasna suka dengan Photo Finish Foundation Primer dari Smashbox.

7. Pilih Krim SPF yang Bagus

Krim tabir surya penting banget pilih yang bagus, Cantik. Karena kalau kamu beli yang ngasal, bisa-bisa justru memperbesar pori-pori kamu. “Banyak dijual krim SPF murah yang banyak zinc dan bahan bahan-bahan entah apa yang bikin kulit terlihat putih banget. Ini kesannya menutupi pori-pori, tapi justru akan menyumbatnya dan membuat blackhead. Pilih deh yang mengandung pelembap dan gak kering,” ujar Kristi. Atau kata Dr. Mahto, “Hindari krim SPF yang tebal dan creamy formulanya, yang bentuknya gel atau lotion mengandung mineral, contohnya titanium oxide.”
Hasna cocok banget dengan solar defense booster SPF 50 dari dermalogica.

Selamat coba ya Cantik, semoga berhasil nih usahamu bikin pori-pori mengecil dan kulit terlihat lebih halus!

 

FB / Foto: pexels, elle.com/UK, dermalogica