Kamu bosen jomblo dan tiba-tiba tergiur cari Si Tampan di sosmed; entah facebook (FB), Instagram (IG), atau Tinder? Waduh, hati-hati ya Cantik, walau ada yang berhasil, tapi ada juga yang ‘zonk’ sampai membahayakan jiwamu. Banyak kisah penipuan hingga pembunuhan (hiiii serem!) karena kencan atau kopi darat dari sosmed yang membawa petaka.

Jika kamu benaran ingin coba, ikuti pesan Hasna berikut ini yaaa…

SELIDIKI

Sebelum kamu berjanji ketemu dengan Si Tampan yang add kamu di FB atau super like kamu di Tinder, kamu harus selidiki. Pertama, foto apa yang ada di profilenya? Apakah terlihat wajahnya secara menyeluruh atau gak terlihat karena tertutup kaca mata? Apakah foto yang ditampilkan cuma satu atau banyak? Semakin banyak foto di berbagai kegiatan dengan wajah yang terlihat, semakin aman. Lalu selidiki semua data, apakah yang ia tulis atau ungkapkan benar? Caranya, coba kamu google. Apakah nama, dan selaga kegiatan ia terpampang di google. Paling aman memang cari teman yang mengenalnya, jadi bukan total stranger.

JANGAN KIRIM FOTO atau VIDEOCALL EKSPOS TUBUHMU

Kamu merasa sudah nyaman chatting atau WhatssApp dengan Si Tampan? Hati-hati ya, Cantik. Apapun yang ia omongkan, segombal apapun, kamu belum tahu isi hatinya. Jadi begitu ia minta kamu kirim foto telanjang dirimu atau videocall dengan kamu telanjang atau sedang mandi, langsung….bye! Serius nih Hasna bilang, ini bahaya banget. Belum apa-apa kok sudah mesum begitu. Jangan biarkan perasaan kamu menutupi otak dan akal sehatmu ya, Cantik. Kamu gak tahu motif dia, bisa mesum, hingga menyebarkan foto telanjang kamu. Be smart!

JANGAN PINJAMKAN UANG

Begini ya, Cantik. Yang tertipu itu bukan cuma satu dua, tapi banyak. Awalnya dirayu, lalu menjadi senang dan nyaman. Lalu Si Tampan yang gombal ini mulai bercerita yang dramatis. Contoh cerita, “Aku pengen banget kunjungi kamu di kotamu, tapi aku tuh di sini harus bayar ini itu dulu. Boleh tolong pinjam uang dulu supaya aku bisa ketemu kamu? Begitu ketemu, aku ganti langsung.” Please, jangan!

KETEMU DI TEMPAT UMUM

Akhirnya kamu memutuskan bertemu Si Tampan? Aturan paling penting adalah kamu yang harus pilih tempat. Hasna sarankan di tempat umum yang ramai, misalnya tempat ngopi di mall. Oya, bayar sendiri-sendiri ya. Jadi begitu kamu merasa tidak nyaman, kamu bisa menyudahi  pertemuan dengan aman. Bayangkan jika dia seorang psycho dan kamu bertemu di taman yang sepi, kalau kamu di-‘apa-apain’ hingga di aniaya bagaimana? Jangan mudah terperdaya rayuan semu.

KELUARGANYA

Jika kamu setuju kencan menyenangkan dan hubungan kalian berlanjut, selamat! Langkah selanjutnya adalah, suruh Si Tampan memperkenalkan dirimu dengan keluarganya. Kalau sekadar teman, kamu masih harus hati-hati, karena ada kasus penipuan berkelompok. Saat bertemu keluarga, kamu bisa benaran tahu dia ‘real’ dan serius dengan kamu.

KEADAAN DARURAT

Selalu siap sedia keadaan darurat! Kamu harus punya speed dials orang-orang yang selalu bisa kamu hubungi, selalu angkat telepon, dan peduli dirimu, misalnya keluarga dan sahabat. Selain itu kamu harus speed dial dan hafal no emergency dan polisi, misal 110. Jadi begitu kamu diserang atau dalam keadaan bahaya, kamu langsung bisa hubungi orang terdekat kamu.

Hasna doakan, kamu selalu selamat dan bahagia. Semoga menemukan Si Tampan yang tepat ya!

 

FB / Foto: pexels.com