Cantik, sering kali kamu merasa kok krim wajah kamu cepat banget habisnya? Wah, bisa jadi itu kamu terlalu boros lho! Kalau orang lain misalnya bisa untuk sebulan kok ya kamu dua minggu aja habis? Ternyata, tidak perlu berlebihan mengaplikasikan krim di wajah lho, secukupnya saja. Gimana kita bisa tahu ya berapa ukurannya? Baca baik-baik ya tips Hasna supaya kamu bisa lebih hemat dan efektif dalam penggunaan produk kecantikanmu.

Pembagian Ukuran Pembersih

Step pertama dalam rutinitas cantikmu pasti membersihkan wajah. Kebiasaan banget kan, kalau wajah kotor pasti kamu lebih dari sekali bersihin wajah? Pembersih, baik berupa foam atau sabun pembersih, yang kamu butuhkan hanya seukuran tutup botol minuman mineral. Jadi, kalau kamu membersihkan wajah dua kali, berarti kamu cukup bagi dua ukurannya. Bukannya dikali dua ya.

Alicia Barba, dermatologist mengatakan di webmd.com, “Jika kamu mengenakan makeup, membersihkan wajah cukup dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Namun, jika kamu tak bermakeup, membersihkan wajah tiap malam juga sudah cukup.”

Kenapa urusan membersih wajah ini harus tepat ukurannya dan gak boleh main cuci muka dengan pembersih terlalu sering? Ujar Alicia, “Terlalu sering membersihkan muka, terutama pakai pembersih anti jerawat justru membuat wajah jadi kering dan iritasi. Kebanyakan pakai produk pembersih tidak efektif. Sementara tidak membersihkan wajah juga menutup pori-pori.”

Scrubbing Cukup Sekali-Sekali

Apalagi jika kulit wajahmu sensitif, scrubbing yang benar-benar eksfoliating cukup sekali atau maksimal dua kali seminggu saja. Dan ingat, lakukan hal ini hingga ke leher ya. Terlalu sering scrubbing bikin wajahmu kering, kemerahan, dan jadi sensitif lho. Kalau terlalu sedikit bagaimana? Sebenarnya scubbing itu tidak termasuk dalam daftar yang wajib dilakukan, Cantik.

Serum, Sedikit Lebih Efektif

Serum memang konsentrasi, karenanya kadang buat kamu ingin cepat-cepat mendapatkan manfaatnya, bukan? Ini mitos, karena nyatanya sedikit serum jugstru lebih efektif bagi wajahmu. Alicia berkata, “Kebanyakan mengaplikasikan serum justru tidak akan memberi manfaat. Serum hanya akan tetap di permukaan kulitmu saja dan untuk yang berkulit sensitif bisa menimbulkan reaksi perih seperti peeling.”

Kebanyakan Pelembap Bikin Jerawat

Alih-alih ingin kulit yang mulus, kamu mengoleskan ekstra pelembap ke wajahmu. Justru ini salah! “Kebanyakan mengaplikasikan krim pelembap justru membuat wajahmu berminyak dan akhirnya jerawatan! Selain itu, kulit yang terkena krim pelembap terlalu banyak akan tidak sempurna untuk menerima foundation. Maksudnya, foundation susah menempel dengan baik dan akibatnya makeup tak sempurna, pecah-pecah.”

Eye Cream Kebanyakan Jadi Nutup Pori-Pori

Memang keriput di daerah mata akan membuat wajahmu terlihat lebih tua. Kamu gak bisa melewati rutinitas krim mata ini. Tapi, kebanyakan krim mata justru bikin pori-pori kulit di sekitar mata tertutup. “Terlalu banyak akan membuat kulit sekitar mata menjadi iritasi. Tapi terlalu sedikit juga membuatnya kering dan terlihat keriput. Makeup juga terlihat berlipat dan pecah-pecah di sana.”

Krim SPF Boleh Sering

Aturan yang beda untuk krim yang mengandung SPF atau tabir surya. Apalagi jika kamu aktif berada di outdoor, kamu wajib mengaplikasikan krim SPF berulang kali. “Kebanyakan orang justru kurang mengaplikasikan krim tabir surya. Akhirnya menyesal, karena tidak mengenakan atau kurang pengaplikasiannya bisa menimbulkan sunburn hingga kanker kulit. Khusus untuk krim tabir surya, kamu bisa pakai banyak dan sesering mungkin saat berada di luar ruangan.”

Nah, ringkasan untuk ukuran berapa banyak produk yang perlu kamu aplikasikan, ini ya, Cantik:

Fake Tan = Ukuran seperti Berroca/CDR (vitamin yang dilarutkan)

Pelembap = Ukuran seperti contact lens

Serum = Ukuran seperti biji kopi

Scrub = Ukuran seperti almond

Pembersih = Ukuran seperti tutup botol air mineral

Sun cream/SPF cream = Ukuran seperti cokelat berbentuk kancing/koin (diulang aplikasinya)

Masker = Ukuran seperti stroberi

Face oil = Ukuran seperti biji labu

Krim Wajah = Ukuran seperti butir beras

Setelah baca ini, gak usah lebay lagi ya dalam pengolesan krim kamu. Hemat lagi!

 

FB / Foto: look.co.uk, freepik.com