Akhirnya Hasna punya kesempatan mewawancarai Radityo Wahyu Senoputro, pemenang pertama The New L-Men Of The Year 2019 asal Bandung. Si Tampan berkulit putih ini ternyata sudah jago main piano sejak kecil dan pernah mengalami titik terendah dalam hidupnya. Kamu penasaran dengan ceritanya? Yuk simak hasil wawancara Hasna sambil kenalan dengan Si Tampan Radityo.

Hai apa kabar Radit? Selamat ya sudah jadi juara ke-1 L-Men of the Year. Bagaimana perasaannya dan pengalaman tak terlupakan apa yang kamu dapatkan setelah jadi pemenang? Coba dong diceritakan untuk Hasna?

Baik Alhamdhulillah. Terimakasih. Wah, banyak banget sih pengalaman menariknya, aku mungkin nggak bisa ceritain semua. Tapi yang pasti jadi makin sibuk. Belum lagi pas barengan kuliah tingkat akhir juga. Aku jadi banyak belajar hal-hal baru yang aku rasa penting sih, seperti nutrisi, public speaking, cara membuat konten, dan lain-lain. Banyak banget manfaat yang aku dapet dengan menjadi The New L-Men of the Year 2019 (TNLOTY 2019) dari mulai ilmu, skill sampai networking.

Kesan apa yang kamu rasakan pertama kali ketika terpilih jadi salah satu Grand Finalist L-Men?

Kaget campur seneng dan nggak nyangka, hahaha. Otaknya buffering saking nggak nyangkanya. Tapi yang pasti aku bersyukur banget bisa terpilih buat mengemban title dan amanah ini.

Suka duka apa saja yang kamu dapat selama karantina dan menjadi Grand Finalist L-Men?

Sukanya banyak banget. Bisa ketemu dan kenal banyak orang-orang hebat. Dapat banyak banget ilmu dan pengalaman luar biasa yang nggak bisa didapat di dalam kampus. Dapat keluarga baru, teman-teman baru, dan lingkungan yang baru. Menurut aku pribadi rasanya nggak kayak lagi kompetisi, tapi kayak lagi bangun keluarga. Bersyukur banget rasanya bisa ikut karantina dan kenal sama grand finalis lain karena menurut aku itu yang paling mahal. Kalau dukanya, ada kejadian yang bikin aku ngerasa bersalah dan nggak enak banget sama semua grand finalis dan panitia L-Men karena sempet ceroboh dan akhirnya berimbas ke semuanya. Tapi syukur Alhamdhulillah bisa teratasi dan nggak ganggu jalannya agenda. Tapi serius kadang masih suka kepikiran dan ngerasa nggak enak banget.

Pilihan karier apa yang akan kamu pilih setelah menjadi pemenang L-Men?

Majorku di Ekonomi Syariah dan dari L-Men aku banyak dapat ilmu seputar kesehatan. Dengan ikut TNLOTY19 jenjang karier di dunia entertainment juga terbuka. Banyak banget sih. Alhamdulillah. Untuk memutuskannya saat ini masih belum karena aku juga mau beresin kuliah dulu (dan Insya Allah kalau ada rezekinya pengen lanjut sekolah S2 beasiswa di Inggris/Jepang). Tapi yang pasti karier di mana aku bisa ngasih manfaat buat banyak orang dan ngasih kontribusi yang maksimal buat masyarakat dan keluarga berdasarkan pertimbanganku. Kalau dalam waktu dekat aku masih pengen coba banyak hal mumpung ada kesempatannya. Pengen buka start-up company dan punya usaha juga.

Kamu kan seorang pianis, ceritain dong gimana awalnya bisa tertarik jadi pianist? Kamu biasanya tampil di mana? Dan apa aja tantangan yang harus dihadapi?

Sebenarnya aku nggak mahir banget sih main piano, masih banyak yang lebih mahir. Aku main piano dari kelas 6 SD, awalnya tertarik lalu jadi suka, begitu aja sih, jadi waktu itu dibeliin piano sama kakek, dan nyoba-nyoba main terus jadi suka. Kalau untuk tampil aku belum se-wah itu sih, biasanya cuma di acara-acara kecil atau di kampus pas wisuda buat ngiringin paduan suara atau kalau ada tamu-tamu penting di acara kampus. Tantangannya ya belajar dan menghafal lagu-lagu yang harus dimainkan. Karena aku nggak bisa baca not balok, jadi harus dengerin, ngulik, belajar, dan hafalin.

Definisi tampan bagi Radit? Dan apa yang biasanya kamu lakukan agar terlihat tampan? Share tipsnya dong untuk Hasna..

Menurut aku tampan itu ketika seorang pria hidup bersih dan sehat, berprilaku baik, sopan, ramah, dan memiliki pribadi yang baik dan positif. Manusia nggak ada yang sempurna, fisik pun berbeda-beda. Kalau mengutip quotes dari film Kingsman ya “Manners Maketh Man”.

Perawatan diri apa yang biasa kamu lakukan?

Perawatannya mandi dua kali sehari dan sehabis olahraga termasuk ngga? Hahaha. Cara aku merawat diri adalah dengan jaga pola dan cara hidup. Makan dijaga, olahraga rutin, stress management, dan waktu Istirahat. Aku rasa itu sudah cukup buat semuanya. Dengan jaga pola hidup sehat nggak cuma badan jadi bagus, tapi ke kulit juga, ke mood kita juga. Kalau makan berlebihan bisa jadi gemuk, atau jerawatan. Stress juga bisa bikin jerawatan, bahkan sampai kanker. Kurang istirahat bikin kantung mata tebel dan kulit jadi nggak bagus. Nggak olahraga atau kurang aktivitas bisa bikin metabolisme tubuh jadi nggak lancar dan kulit jadi nggak bagus. Jadi intinya dengan hidup sehat, penampilan kita juga jadi sehat. Seger liatnya gitu, hahaha. Dan bisa bikin awet muda juga.

Coba deskripsikan karakter fashion kamu dalam 3 kata?

Simple, fungsional, nyaman dipakai.

Gaya fashion paling don’ts banget untuk kamu seperti apa?

Radit: Warna ngejreng dan ‘nabrak-nabrak’. Atau yang menyerupai lawan jenis, hahaha.

Pernah nggak merasa salah kostum di sebuah acara? Pakai outfit apa waktu itu dan di acara apa? Ceritain dong…

Pernah sih, ke undangan nikahan pake kaos. Karena habis itu ada acara lagi dan ternyata lupa bawa batik/jas. Akhirnya karena malu dan ngerasa nggak enak, mutusin buat nunggu di luar. Sementara semua keluarga di dalam.

Perempuan yang #baikdancantik dalam pikiranmu seperti apa sih?

Perempuan yang memiliki pribadi yang baik tentunya, peduli sama dirinya sendiri dan sekitarnya, hidup sehat, berpendidikan dan memiliki wawasan yang luas, serta etika dan manner yang baik dan santun.

Perempuan yang #baikdancantik idaman kamu? Bisa kasih contoh?

Tentunya yang memiliki pribadi dan karakter yang baik dan positif, berpendidikan dan memiliki wawasan yang luas, hidup sehat, independent, dan pandai bersyukur. Aku suka perempuan yang berani jadi dirinya sendiri tetapi tidak menantang fitrahnya sebagai perempuan.  Karena cantik itu datangnya dari dalam diri sendiri yang akhirnya akan memiliki daya tarik tersendiri.

Pencapaian/prestasi tertinggi yang sudah kamu dapatkan hingga saat ini dalam karier ataupun hal lain?

Selama 20 tahun saya hidup, menjadi The New L-Men of the Year 2019 adalah salah satu pencapaian terbesar dalam hidup aku.

Pernah nggak mengalami ‘titik terendah’ dalam hidup? Kejadian apa dan kapan?

Tentu pernah, pasti semua orang pernah. Titik terendah aku ada sebelum aku mulai hidup sehat dan olahraga secara totalitas. Dari segi fisik aku penyakitan (asma terutama), waktu di kampus aku dikeluarkan dari organisasi kelompok studi ekonomi Islam yang aku inginkan dari tingkat satu, dari segi pertemanan dan keluarga merasa sendiri karena keluarga dan teman-teman jauh di Bandung dan aku di Bogor, dan dari segi emosional lagi turun karena waktu itu sempet ada masalah dan trauma sama hubungan percintaan. Di situ aku bener-bener sendiri dan aku ngerasa liat semua orang rasanya hidupnya lebih baik. Tapi dalam masa-masa itu aku banyak belajar. Saat itu aku menemukan quotes yang sangat bagus yang aku pegang sampai sekarang. “Be strong enough to fight alone, and wise enough to wait for your turn.”

Pada masa-masa itu hanya ada aku dan Tuhan. Jadi hanya bisa bergantung pada diri aku sendiri dan Tuhan. Dan ya, selama kita sudah dan terus berusaha semaksimal mungkin dan terus berdo’a. Kita tinggal bersabar menunggu hasilnya. Jangan berharap hidup akan berubah kalau bukan kita sendiri yang merubahnya. Berdo’a tanpa olahraga nggak bisa bikin badan jadi atletis, tetap harus berusaha. 

Rencana dan goals kamu di tahun 2019?

Rencana dan target aku di Tahun 2019:

  1. Selesaikan amanah jadi The New L-Men of the Year dengan baik dan kasih yang terbaik.
  2. Pertahankan nilai dan kuliah.
  3. Punya start up atau usaha.
  4. Punya Channel YouTube sendiri.
  5. Berkembang dan jadi lebih baik lagi.
  6. Bisa menginspirasi banyak orang dan memberikan dampak positif dan manfaat bagi masyarakat. 

Wah seneng banget deh Hasna bisa kenalan sama Si Tampan Radityo. Semoga makin sukses mencapai goals-nya ya..

 

IR / Foto: Instagram @radityows