Gara-gara menyiapkan baju khusus Hari Raya, kamu mulai bingung karena istilah-istilah di mall-mall yang mempromosikan baju untuk hari istimewa ini? Apa sih bedana kaftan, abaya, dan gamis?

Tenang aja, Cantik. Ini Hasna kasih tahu perbedaannya.

KAFTAN

Kaftan adalah suatu bentuk busana tunik yang berasal dari Persia Kuno. Awalnya kaftan memiliki bentuk kotak aja dan jahitan di tengah. Sejalan waktu, kaftan divariasikan dengan berbargai detail, seperti kerut, draperi, renda, motif, dan manik-manik. Kini kaftan tidak identik dengan busana muslim. Para selebriti dunia pun memakainya sebagai bagian dari fashion, seperti: Jessica Alba, Paris Hilton, Naomi Watts, dan Rihanna.

ABAYA

Abaya adalah busana sederhana seperti jubah yang berasal dari Timur Tengah, Afrika Utara. Ada yang menyebutnya Gamis Arab. Bentuknye melebar ke bawah, sehingga tidak menonjolkan lekukan tubuh. Jika kaftan modern kini jahitannya membentuk pinggang, beda dengan abaya yang longgar. Kaftan juga biasanya lengannya menyatu dengan bagian lainnya, sementara abaya berlengan panjang terpisah.

GAMIS

Gamis bisa berupa jubah atau baju kurung. Berasal dari Timur Tengah dan Arab. Baju ini di Arab disebut Tsaub, disydasya, kandurah,juga khomis di Somalia. Istilah Gamis berasal dari kata Khomis. Umumnya berupa baju kurung sepanjang mata kaki, dengan lengan panjang. Gamis seringkali dipadukan dengan Izaar (sarung) atau Bantholun (celana panjang rapi) di bagian dalamnya. Kadang digunakan bersama Bisyt (mantel) berwarna gelap. Jadi gamis lebih sederhana, biasanya dari bahan katun, dan untuk sehari-hari. Gamis ini bisa untuk laki-laki atau untuk perempuan. Warna yang umum biasanya hitam dan putih, walau sekarang gamis muncul dengan warna lain seperti warna cokelat, warna-warna natural, dan biru.

Nah, gimana? Udah gak bingung lagi kan, Cantik? Saran Hasna kalau kamu mau baju yang bisa dipake kapan saja, pilih kaftan.

FB / Foto: fustany.com, missabaya.com, Instagram @sirdesigner1, aliaexpress.com.