Innalilahi wainailahi rojiun. Kita tahu bahwa Ibu Kristiani Herrawati atau yang akrab disebut Ibu Ani Yudhoyono, istri dari Presiden ke-6 Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, wafat meninggalkan kita semua pada 1 Juni 2019 lalu pukul 11.50 waktu Singapura karena penyakit kanker darah. Mari kita doakan agar Ibu Ani husnul khotimah dan keluarga tabah ikhlas. Aamiin. Hasna ikut berduka cita dan sedih sedalam-dalamnya atas wafatnya Ibu Ani.

Cantik, kalau kamu melihat sendiri bagaimana beliau dicintai keluarga dan masyarakat.

Yuk, kita teladani Ibu Ani yang #BaikdanCantik ini:

 

1. Cinta keluarga 

Lihat foto ini, bagaimana Ibu Ani terlihat sayang dan akrab dengan mantu-mantu beliau Annisa Larasati Pohan dan Siti Ruby Aliya Radjasa. Benar-benar ibu mertua teladan ya! Keluarga adalah segalanya bagi Ibu Ani, kamu harus tiru sifat ini. Bahkan via Instagramnya, Annisa (@annisayudhoyono) mengatakan, “Tidak pernah absen Memo pesankan khusus sehingga di acara yang khusus kami sekeluarga juga tampil spesial dan kompak dengan busana asli Indonesia. Bahkan untuk Lebaran tahun ini Memo sudah pesankan jauh hari sebelum beliau sakit dan kain batiknya baru saja jadi dan akan segera kami jahit untuk nanti berlebaran di Singapore.”

2. Mendukung suami secara total

Kecintaan dan kesetiaan Ibu Ani mendampingi Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dari sebelum Bapak SBY jadi presiden, ketika jadi presiden, hingga Ibu Ani wafat tidak diragukan lagi. Kamu harus bisa jadi istri seperti ini ya, Cantik.

3. Berkarya

Ibu Ani juga sempat terlibat dalam sejumlah kegiatan dan organisasi, seperti Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Beliau juga aktif sebagai Duta HIV AIDS, Duta ASI, dan lainnya.

4. Memiliki hobi

Jadi perempuan harus punya ‘me time’ untuk keseimbangan. Kembangkan potensi diri menekuni hobi seperti Ibu Ani dengan fotografi. Lihat deh hasil-hasil foto beliau di sini. Keren kan?

5. Cinta Indonesia

Ibu Ani sungguh pantas dimakamkan di Makam Pahlawan Kalibata. Beliau mendapat penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana. Penganugerahan ini dilakukan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri pada 12 Agustus 2011. Kontribusi Ibu Ani pada bangsa ini antara lain dalam program mobil pintar dan rumah pintar, Indonesia peduli dan Indonesia hijau tentang lingkungan, hingga Indonesia sehat tentang kesehatan dan Indonesia kreatif. Selain itu Ibu Ani juga mendapat banyak penghargaan dari pihak-pihak lain, seperti Pin Emas dari Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan dan penghargaan dari L’Oreal-Unesco. Selain itu, Ibu Ani adalah kolektor kain-kain Indonesia dan selalu antusias dan bangga memakai kain batik.

6. Selalu Cantik

Tak pernah sekali pun kita melihat Ibu Ani tidak tampil cantik ya. Ibu Ani selalu tampil maksimal di setiap acara. Selain rajin berkain atau berkebaya, Ibu Ani juga mencintai sanggul dan senang bermakeup. Bahkan ketika Ibu Ani sakit, mantunya Ruby di Instagram @ruby_26 mengunggah video Ibu Ani yang sedang sakit diizinkan keluar sebentar dari rumah sakit ke apartment dan beliau dengan antusias berdandan dan mengenakan perhiasan dan jam. Nah, jadi perempuan kamu harus meniru ini. Jangan sampai ya kamu pakai daster ke luar rumah walau cuma ke tempat dekat misalnya. Ingat, tampil cantik itu bagian dari menghargai diri sendiri dan orang lain.

7. Tegar dan Pantang Menyerah

Tak sekalipun Ibu Ani mengeluh, pun ketika beliau sakit. (AHY) mengatakan pada publik, “Ibu Ani dibentuk dan terbentuk menjadi pribadi yang tegar dan pejuang keras, karakter itu secara konsisten beliau tunjukkan hingga akhir hayatnya.” Bahkan ketika tahu beliau divonis menderita kanker, Ibu Ani masih semangat. Ujar AHY, “Saya pasrah, tapi saya tidak akan pernah menyerah.”

 

Dan banyak lagi kelebihan Ibu Ani. Sungguh kita kehilangan ya, Cantik. Makanya, yuk kita teruskan nilai-nilai kebaikan Ibu Ani ini!

 

FB / Foto: Instagram @aniyudhoyono