Kerja bisa sangat menyita waktumu ya, Cantik. Jangankan olahraga makan saja harus disempat-sempatkan kalau sedang sibuk banget. Alhasil karena sering melewati waktu olahraga, badan malah jadi mudah lelah, daya tahan tubuh melemah, dan penyakit ringan seperti flu jadi datang deh. Selain itu punggung, kaki, dan persendian jadi kaku dan tegang. Makanya kamu harus olahraga (walah lagi puasa!) agar terhindar dari hal-hal tersebut. Nggak harus pergi ke gym atau ke arena olahraga, di depan komputer atau meja kerjamu pun kamu bisa melakukannya. Ini Hasna kasih tahu beberapa gerakannya ya.

Stretching Tangan

Mirip seperti stretching yang dilakukan sebelum kamu memulai olahraga, hanya saja stretching dilakukan sambil duduk di kursi kerjamu. Bisa kamu mulai dengan duduk tegak, kemudian angkat kedua tangan ke atas, satukan kedua telapak tangan, dan regangkan tanganmu. Kemudian dorong tangan dan badan menyamping ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang kaku.

Stretching Punggung

Caranya duduk tegak di bagian ujung depan kursi, telapak kaki menapak ke lantai. Kemudian pegang ujung kursi kiri dengan tangan kiri, sedang tangan kanan memegang lutut. Lalu gerakkan badanmu ke arah kiri, dengan pandangan mata ke arah ujung kursi yang kamu pegang. Tapi biarkan kaki tetap pada posisi semula atau ujung kaki tetap menghadap ke arah depan. Lakukan juga ke arah sebaliknya dan ulangi tiga kali untuk masing-masing sisi. Gerakan ini bisa menghilangkan rasa lelah pada punggung karena duduk kerja seharian.

Yoga di Kursi

Gerakan ini juga untuk mengatasi sakit pada punggung dan tulang belakang. Gerakannya terinspirasi dari pose dalam olahraga yoga. Yaitu cat pose dan cow pose. Sudah pernah dengar, Cantik? Jadi cat pose ini mirip dengan bentuk badan kucing yang sedang menggeliat. Caranya dimulai dengan duduk tegak, kaki menapak lantai, kedua tangan memegang lutut. Lalu angkat kepalamu ke atas dengan kuat seakan-akan kamu ingin melihat bagian belakangmu. Biarkan tulang belakangmu tertarik hingga badan menyerupai bentuk huruf S. Sedangkan cow pose mirip dengan gerakan sapi yang sedang merumput. Caranya menyambung dari gerakan cat pose tadi. Tundukkan kepala menghadap ke arah perutmu, tapi jaga badan agar tetap duduk tegak. Lakukan dua gerakan ini secara bergantian, tiap gerakan ditahan hingga delapan hitungan.

Gerakan Kaki

Nah, gerakan yang satu ini bagus untuk mengurangi perut yang buncit dan juga bisa membentuk otot paha. Caranya pegang kedua sisi kursimu dengan kuat, kemudian tekuk kedua lututmu, jinjitkan kaki, pastikan ujung kaki tetap menyentuh lantai. Setelah itu luruskan kedua kakimu ke depan sementara badan tetap tegak. Lakukan gerakan ini 2X di 8 hitungan.

Mudah banget tapi efeknya nggak main-main lho, Cantik. Jadi sudah tidak ada alasan untuk tidak berolahraga ya. Praktekkan olahraga ringan di atas sebagai selingan di waktu kerjamu agar tetap fit selalu.

 

LDK / Ilustrasi: CJ-Hasna.ID