Penting banget untuk memilih asupan nutrisi dari makanan dan minuman saat menjalani puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Baik untuk sahur maupun berbuka, kandungan gizi dari bahan yang disantap harus sangat diperhatikan. Sayangnya, justru banyak orang yang kalap makan saat berbuka dan menyantap makanan yang nggak sehat tanpa mempertimbangkan nutrisi di dalamnya. Buat kamu yang peduli kesehatan, sebenarnya bulan puasa merupakan momen tepat untuk menjadwalkan kembali pola makan sehat dengan menu-menu yang bergizi tinggi dan tepat dikonsumsi saat bulan puasa. Jadi lupakan dulu gorengan, junk food atau mie instan saat tubuhmu sedang berpuasa. Sebaiknya ganti dengan asupan makanan dan minuman berikut ini.

Kurma

Kurma merupakan anjuran sunnah Rasul untuk dijalankan sebagai makanan berbuka puasa yang berasal dari wilayah Timur Tengah. Kurma termasuk asupan yang sehat untuk buka puasa karena mengandung vitamin, mineral, dan serat. Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itu, kurma merupakan makanan yang sangat baik untuk mengembalikan energi dan stamina tubuh selama berpuasa.

Air Mineral

Saat berpuasa, sudah pasti tubuh akan kekurangan cairan dan nggak sedikit yang mengalami dehidrasi. Nggak heran bila konsentrasi jadi menurun dan tubuh menjadi lemas. Kehilangan banyak cairan menyebabkan seseorang merasa lelah. Nggak usah khawatir, kamu tetap bisa minum 8 gelas sehari selama berpuasa. Caranya, minum 4 gelas setelah berbuka dan 4 gelas selagi sahur. Sehingga tubuh akan kembali terhidrasi setelah kehilangan banyak cairan.

Beras Merah

Beras merah memiliki jenis karbohidrat kompleks yang tidak dimiliki beras putih. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks umumnya memberikan lebih banyak serat, mineral, dan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Selain itu, karbohidrat kompleks memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga akan memberikan energi maksimal dan membuatmu merasa kenyang lebih lama, pas banget buat dikonsumsi saat berpuasa.

Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang bisa disebut sumber energi instan. Satu buah pisang mengandung kurang lebih 90 kalori, vitamin, mineral, dan serat kompleks yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Untuk di bulan puasa, buah pisang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh setelah mengalami dehidrasi seharian.

Madu

Selain kaya antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kanker dan penyakit jantung, madu juga direkomendasikan sebagai asupan sehat untuk berbuka puasa karena dapat melancarkan metabolisme tubuh dan sistem pencernaan setelah seharian berpuasa. Saat puasa, minumlah madu setelah berbuka puasa dan padda saat makan sahur.

Yogurt

Jenis minuman sirup dan atau semacam es campur memang godaan terbesar saat berbuka puasa. Tapi faktanya, para ahli gizi menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan untuk berbuka puasa. Lebih baik ganti dengan yogurt yang memiliki rasa asam alami namun tetap diimbangi dengan rasa manis dari topping buah-buahan. Dari sisi kesehatan, yogurt juga melancarkan sistem pencernaan sehingga baik untuk menu berbuka puasa.

Telur

Sebagai sumber protein dan asam amino, mengonsumsi telur selama bulan puasa dapat memperbaiki sel otot yang rusak setelah seharian beraktivitas tanpa terhidrasi. Saran Hasna agar kamu tidak mengolah telur dengan bumbu garam yang terlalu banyak, karena mengonsumsi garam saat buka puasa bisa menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan.

Air Kelapa Hijau

Agar tubuh terhindar dari dehidrasi, kamu bisa mengonsumsi air kelapa hijau untuk mengganti cairan tubuh yang menipis saat berpuasa karena air kelapa hijau sangat cepat diserap oleh tubuh. Minum air kelapa hijau saat berbuka, tapi jangan dicampur gula atau santan karena dapat merusak zat elektrolit yang dikandungnya. Jadi kamu benar-benar murni minum airnya saja.

Daftar menu di atas bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi asupan sehat untuk berbuka puasa nanti ya, Cantik.

 

IR / Foto: Freepik