Telat bangun saat sahur sehingga waktunya mepet untuk makan sudah biasa terjadi saat bulan puasa. Dimaklumin kok Cantik. Kamu tidak perlu panik dan langsung memutuskan untuk tidak berpuasa ya karena takut tidak kuat. Kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa makanan ini sebagai antisipasi jika bangun mepet saat sahur. Catat ya!

Telur

Bahan makanan paling praktis nih. Dan bisa dimasak bervariasi, diceplok, dadar, atau direbus saja rasanya selalu yummy. Telur memgandung protein yang cukup tinggi dan bergizi sehingga memberimu energi yang cukup untuk melewati satu hari puasa.

Roti Gandum

Memakan roti gandum bisa menjaga kadar gula dalam darahmu tetap stabil, sehingga tubuh tidak mudah lemas. Roti gandum juga merupakan karbohidrat kompleks yang bisa membantu tubuh melepaskan energi lebih lama. Dijamin kamu kuat berpuasa dengan makan setangkup roti gandum.

Sereal

Ini juga bahan makanan yang termasuk karbohidrat kompleks. Sama seperti roti gandum, sereal juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama dan tetap berenergi selam puasa. Jangan lupa campur serealmu dengan susu ya, sehingga kamu juga mendapatkan protein darinya.

Buah-Buahan Kaya Serat

Misalnya pisang, apel, dll. Buah-buahan yang mengandung banyak serat juga bisa membuat kenyang lebih lama. Karena serat lebih lama dicerna dalam perut. Tidak hanya berserat, buah juga mengandung banyak vitamin.

Oatmeal

Bahan yang satu ini juga mudah disiapkan dan juga enak. Tinggal dicampur dengan susu atau yoghurt, bahan yang satu ini bisa membuatmu berenergi seharian. Yap, karena oatmeal juga termasuk karbohidrat kompleks.

Dengan lima makanan tersebut kamu bisa tetap sehat dan punya banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari selama berpuasa. Selalu sediakan di meja makanmu ya.

 

LDK / Foto: pexels