Rasanya, keseruan sebuah film Superhero nggak lengkap tanpa kehadiran sosok jahat alias villain. Meski sosok villain umumnya dianggap amoral dan sadis, tapi ternyata tetap ada sisi positif yang terlihat dalam dirinya (walaupun tidak nampak secara nyata). Sama seperti sosok Thanos yang dikenal sebagai villain terkuat Marvel.

Meski kelihatannya kejam dan nggak kenal ampun, kalo dipikir-pikir Thanos punya beberapa sisi positif yang bisa dijadikan panutan lho! Tapi kali ini Hasna mau bahas karakter Thanos waktu di Avengers: Infinity War (masih inget filmnya dong), biar nggak jadi spoiler buat yang belum nonton Avengers: Endgame.

Pendidik yang Jujur

Sejauh ini, karakter Thanos jarang digali dalam MCU (Marvel Cinematic Universe). Inget nggak, waktu di Avengers: Infinity War, Thanos terlihat sebagai sosok pendidik yang jujur. Ia memang kejam dan sadis. Tapi, nggak pernah mengajarkan kebohongan ke anak-anak angkat.

Begitu juga dengan kamu yang terlahir sebagai orang baik pasti bisa memberi manfaat ke orang lain lewat perkataan atau perbuatan yang baik. Kamu bisa mencontoh cara Thanos mendidik anak-anaknya tentang cara bertarung dengan cerdas dan tidak demi kepentingan pribadi semata.

Penuh Semangat dan Motivasi

Sisi jahat villain adalah punya tujuan demi kepentingannya sendiri sehingga mereka akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan tersebut. Sang Mad Titan alias Thanos pun demikian. Dia punya tujuan menguasai seluruh alam semesta dan menjadikan dirinya makhluk terkuat dengan cara mengumpulkan Infinity Stones. Tujuan tersebut membuat Thanos punya semangat dan motivasi yang nggak pernah padam. Nah, buat kamu yang punya mimpi setinggi langit, semangat Thanos ini perlu banget kamu contoh. Asal bukan punya tujuan jahat kayak Thanos ya dan jangan sampai bikin susah orang banyak!

Punya Hati yang Tulus

Yang nge-fans sama Avengers pasti tahu Thanos punya hati yang tulus untuk menyayangi Gamora dan Nebula dengan tulus, walaupun mereka bukan anak kandung. Bahkan, Thanos nggak akan rela kalau Gamora terluka sedikit pun.

Rasa cinta dan sayang yang tulus tercermin dari perlakuan seseorang. Ketulusan juga bisa mencerminkan kejujuran perasaan. Orang yang pandai berpura-pura biasanya punya kadar ketulusan yang sedikit banget. Hasna yakin nggak ada orang yang mau dicintai dengan kebohongan, pasti inginnya dengan ketulusan.

Kuat dan Tegar

Harus diakui, supervillain memang ditakdirkan punya hati yang keras agar nggak mudah goyah. Bahkan, ia juga harus tegar meski mengorbankan orang yang disayanginya. Dalam Avengers: Infinity War, kamu bisa lihat supervillain meneteskan air mata demi keluarganya.

Sifat tegar seperti ini harus dimiliki setiap orang. Karena hidup nggak selalu berjalan sesuai dengan keinginan. Kadang di atas, kadang di bawah. Makanya, ketegaran selalu dibutuhkan agar kamu jadi pribadi yang tangguh dan nggak cengeng dalam menghadapi persoalan apapun.

Visioner

Sifat visioner Thanos bisa kamu lihat ketika dirinya merekrut Black Order. Karena, ia yakin Black Order punya tujuan yang sama, yaitu menginginkan kehormatan. Selain itu, Thanos juga sudah berpikir jauh untuk membesarkan Gamora dan Nebula demi menjadikan mereka mesin pembunuh.

Kamu bisa lihat di sini Thanos berpikir jauh demi mencapai rencananya. Nggak heran, tiap misinya jarang gagal. Kamu pun bisa menerapkan sifat visioner ini dalam mencapai cita-cita dan tujuan hidup. Misalnya, ketika mau menempuh pendidikan tinggi, membuka bisnis atau membangun keluarga kecil. Yes, semua harus diperhitungkan dari jauh hari sebelumnya. Think like visioner!

Intinya, nggak selamanya villain jahat seperti Thanos punya sisi gelap, tapi pasti ada kebaikan di sisi lain yang belum terungkap dan tidak nyata terlihat. Sifat positif Thanos apalagi menurut kamu yang bisa dijadikan panutan?

 

IR / Foto: Instagram @avengers