Baru aja jerawat yang satu sembuh, ada jerawat lain yang tumbuh. Duh, kenapa jerawat betah banget tumbuh ya. Padahal udah rajin bersihin muka dan mengurangi makanan berminyak. Harus gimana dong? Coba deh ingat lagi kebiasaan kamu saat ber-makeup, apa ada yang salah? Hasna mau kasih info beberapa kesalahan makeup yang mungkin pernah kamu lakukan dan bikin jerawat makin parah.

  • Tabir Surya Sering Dilupakan

Ingat nggak saat jerawatan kamu sering lupa pakai sunscreen? Nah, mungkin hal ini yang bikin jerawatmu makin parah, karena paparan sinar matahari bisa membuat jerawat susah sembuh.

  • Kebiasaan Mencet Jerawat

Satu lagi kebiasaan buruk yang fatal untuk jerawat kamu. Alih-alih mau mengempeskan, kebiasaan pencat-pencet jerawat di wajah justru bikin infeksi dan nggak sembuh-sembuh. Apalagi kalau kamu berpikir bisa disamarkan dengan makeup. Wah, salah besar tuh! Bisa-bisa jerawat tambah meradang karena kamu tutupi makeup tebal.

  • Jerawat Itu Diobati Bukan Ditutupi

Menyembunyikan jerawat dengan makeup dapat berakibat fatal. Jerawat yang seharusnya diobati, kok malah ditutupi pakai makeup. Pakai obat jerawat yang tepat dan jauhi makeup sampai jerawat sembuh total.

  • Memulas Makeup Pakai Jari

Hasna tidak menyarankan pakai makeup dengan tangan saat jerawatan. Tapi kalau kamu sudah terbiasa, cuci tangan dulu sebelum memulas makeup. Supaya aman, pilih concealer dalam tube atau botol dropper. Aplikasikan tipis-tipis, lalu set dengan mineral-based powder.

  • Makeup Terlalu Tebal

Fungsi concealer dan foundation memang untuk menutupi kekurangan di wajah seperti jerawat, tapi bukan berarti boleh diaplikasikan terlalu tebal untuk menyembunyikan jerawat. Lihat saja efeknya, jerawat malah nggak sembuh-sembuh. Cukup oleskan tipis-tipis dan sesuaikan warna concealer dengan warna kulitmu.

  • Brush Kamu Kotor!

Sebelum pakai makeup, lihat dulu kondisi brush yang akan kamu pakai. Kotor atau bersih? Karena brush atau alat makeup yang kotor bisa memicu timbulnya jerawat lebih banyak dan peradangan. Cuci brush seminggu sekali dengan air hangat dan cleanser lembut untuk menghilangkan bakteri dan minyak yang menempel.

 

IR / Foto: pixabay