Produk skincare favoritmu tiba-tiba saja jadi tidak efektif bekerja di kulit. Padahal sudah langganan pakai selama bertahun-tahun. Waduh, kenapa ya? Sebelum memutuskan beli skincare baru, mungkin salah satu jawabannya ada di bawah ini.

Yakin Sudah Benar Memakainya?

Coba perhatikan lagi, mungkin ada cara pemakaian yang salah kamu lakukan. Urutkan cara  pengaplikasian produk skincare dengan benar sehingga hasilnya optimal. Hasna mau mengingatkan, mulailah dengan skincare dari kandungan paling ringan ke yang paling berat.

Kulit Butuh Kandungan Bahan Lebih Tinggi

Sebagai contoh, jika kamu biasa menggunakan retinol dan tidak terasa ampuh lagi seperti sebelumnya, bisa jadi kulitmu saat ini menuntut kandungan retinol yang lebih tinggi. Para ahli dermatology juga menyarankan agar memakai skincare dengan kandungan yang lebih rendah agar kulit secara perlahan dapat beradaptasi dan bertoleransi terhadap bahan tersebut.

Produk Sudah Expired

Menurut skincare.com, jika kamu merasa skincare kesayanganmu tidak lagi ampuh dan tidak memberi manfaat seperti sebelumnya, coba cek tanggal expired pada kemasan, kemungkinan skincare kamu sudah tidak layak pakai. Jika tidak tercantum, secara umum skincare masih layak pakai hingga 1 tahun. Atau kamu bisa perubahan pada aroma dan tekstur skincare. Jika yakin sudah expired, segera buang produk dan menggantinya dengan yang baru. Karena produk kedaluwarsa bisa menyebabkan iritasi atau bahkan breakout.

Tempat Menyimpan yang Salah

Bisa jadi kamu menyimpan produk skincare di tempat yang salah. Maka, produk tidak lagi ampuh dan tidak memberikan hasil yang maksimal. Padahal, penyimpanan skincare di tempat yang baik bisa memperpanjang masa pemakaiannya. Jangan menyimpan skincare di tempat yang panas dan sering terkena sinar matahari. Simpan produk dalam suhu yang konsisten dan tidak terkena matahari langsung.

Nah, sekarang tahu kan kenapa produk skincare-mu jadi kurang bekerja efektif. Mulai sekarang, perhatikan tata cara memakai dan menyimpan produk dengan benar ya, Cantik.

 

IR / Foto: freepik @yanalya