Mitos atau Fakta? Mencuci Muka dengan Air Dingin Bagus untuk Kulit.

MITOS

Seperti yang dilansir oleh health.howstuffwork.com, sebaiknya mencuci wajah dengan air yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin karena justru bisa merusak kulit wajah. Faktanya, penggunaan air hangat untuk membuka pori-pori dan air dingin untuk menutup pori-pori tidak sepenuhnya benar.

Dr. Jeffrey Dover, seorang dermatolog dari Boston sekaligus co-director SkinCare Physicians mengungkap bahwa air hangat bisa membersihkan wajah lebih mudah dibanding air dingin. Tapi kamu harus hati-hati dengan suhu air yang terlalu panas, karena kulit bisa teriritasi dan pembuluh darah bisa pecah. Gunakan air dengan suhu sedang untuk mencegah hal-hal yang dapat merusak kulit wajah.

Tapi semua dermatolog sepakat bahwa air hangat adalah air yang tepat untuk digunakan untuk membasuh wajah. Seperti Jessica Krant, MD yang pernah mengungkapkan bahwa meskipun membasuh wajah dengan air hangat itu rasanya nyaman, tapi air es atau air hangat-hangat kuku juga bisa memberikan manfaat tersendiri. Karena air hangat bisa saja terlalu cepat menghilangkan minyak alami yang sehat dari kulit. Jelas ya, Cantik?

 

IR / Foto: Freepik @nikitabuida