Hasna ke Warsawa, Poland! Ini karena 6-10 Maret 2019 lalu Hasna diundang ke Warsawa, Polandia untuk Program of The Study Tour Cosmetics Industry oleh Polish Investment and Trade Agency. Keren kan?

Oya, tahukah kamu kalau Polandia, negara yang memiliki bendera seperti Indonesia tapi terbalik itu memiliki populasi yang terbesar di negara-negara Uni Eropa, yaitu 39%? Hasna juga gak sabar untuk cari tahu lebih banyak mengenai industri kosmetik dan kecantikan di Polandia, karena Polindia merupakan pasar kosmetik nomor enam terbesar di Eropa.

Mungkin brand kosmetik yang popular dan terkenal skala internasional dari zaman dahulu yang berasal dari Polandia adalah Helena Rubinstein dan Max Factor (sejak akhir 1800an). Nah, kalau di zaman now, mungkin ya Inglot ya.

Hasna akan menulis pengalaman Hasna di beberapa artikel, jadi kamu yang rajin klik Hasna.ID ya, Cantik. Hasna juga taruh IG Story di folder ‘Ke Poland’ di Instagram Hasna: @hasnaidofficial. Ya, termasuk kunjungan Hasna ke Inglot dan lainnya. Nah, di artikel ini, Hasna mau cerita rangkuman pengalaman Hasna.

TIBA di WARSAWA- HANG OUT

Hasna tiba di Warsawa, Polandia tanggal 6 Maret 2019 pagi dengan suhu berkisar 6-7 derajat Celcius.

Hari pertama masih bebas nih. Jadi, setelah check in di Leonardo Royal Hotel di Warsawa, Hasna dan rombongan berbegas ke mall terdekat. Kami jalan kaki sambil menikmati sisi kota yang modern dengan beberapa bangunan kuno. Kami melewati Win The Złote Tarasy Shopping Mall, untuk ‘cek-cek’ (baca: hang out dan belanja, hihihi). Wah, mall-nya gede, modern, dan banyak milenial di sana. Pasti ini tempat hang out mereka!

Hasna menemukan Sephora (tentunya tahu dong, one-stop-beauty place favorit banyak perempuan) dan juga Douglas (nah, ini tuh chain beauty store seperti Sephora tapi terkenal di Eropa). Di Douglas, Hasna puas-puasin melihat dan belanja produk kecantikan lokal Polandia. Sepertinya, kekurangan mereka produk lokal tidak berbahasa Inggris, jadi Hasna kira-kira aja dari tampilan, gambar, dan juga melihat bahan-bahannya yang sedikitnya bisa dimengerti, hihihi

DAY 1- KUNJUNGAN dan WORKSHOP BEAUTY

Setelah sarapan, pukul 8.30 Hasna berkenalan dengan Maja Justyna dan Kamila Woldan dari Polska Agencja Inwestycji i Handlu atau Polish Investment and Trade Agency. Setelah dibagikan press-kit, kami menaiki bus menuju beberapa tempat. Ini highlights Hasna:

  • NATURATIV

Ini salah satu brand favorit Hasna dari Polandia. Karena semua terbuat dari bahan yang natural

Magda Hajduk, pendirinya, berkecimpung di industri kosmetik sejak 20003. Magda adalah pemilik dan CEO dari Aromeda, produser natural kosmetik salah satunya Naturativ yang berdiri 2013.

Semua produk dan ingredients Naturativ tersertifikasi, jadi sudah pasti semua bahan memang natural tanpa bahan kimia dan pengawet. Brand values Naturativ adalah: pleasurable, effective, knowledgable, curated, dan natural.

Favorit Hasna adalah rangkaian face serum-Eco Ampoules. Dikemas modern, serum-serum ini hypoallergenic. Rangkaian koleksi ampoule terdiri dari: EcoAmpoule 1 yang menutrisi kulit dan mengencangkan kuit, EcoAmpoule 2

  • CHANTAL

Chantal adalah perusahaan kosmetik Polandia sejak 1989 yang fokus pada produk perawatan rambut untuk profesional, salon, dan spa, farmasi, serta retail. Produk-produknya antara lain: Pro Salon,  Intensis, Intensis Color Art. Keratin Style, Sessio, Color Variété , dan hair Biotic.

Perusahaan ini terdepan dalam hal packaging, best value for money, dan memiliki research-development laboratory sendiri. Karena itu tidak heran jika perusahaan ini adalah yang pertama di Central Eropa yang memperkenalkan system keratin untuk hair smoothening tanpa formaldehyde.

Kualitas produknya didukung oleh implementasi dan sertifikasi sistem ISO 9001:2015 dan GMP (ISO 22716:2007).  Tidak heran jika rangkaian produknya sudah diekspor ke 40 negara dan mendapat banyak penghargaan.

Hasna berkeliling pabriknya. Semua terlihat rapi, bersih, bahkan steril. Hasna juga melihat bagaimana ruangan research mereka sangat high-tech dan modern. Serta Chantal memiliki ruangan training untuk para hairstyilsts!

  • WORKSHOP with MINISTERS TWO

Sisters rule! Kakak beradik Anna and Urszula Bieluń (Ania dan Ula) adalah pencinta sabun batang. Diawali dengan pemberian apartemen oleh kedua orangtua mereka, kakak beradik ini mengubah tempat tersebut menjadi ‘pabrik’ sabun batangan. Mereka mencoba segala macam rempah dan wewangian untuk menciptakan sabun batangan yang ‘beda’. Ini berawal dari kekesalan Ania yang membela sabun batang tapi bercampur bahan kimia. “Memangnya tidak bisa ya buat sabun batang yang simpel dari bahan-bahan natural?”

Mereka menjual hasil sabun mereka ke teman-teman dekat dan kerabat, jugaingga akhirnya karena kualitas sabun dan testimonial dari mulut ke mulut, usaha mereka berkembang.

Dari berdua, kini usaha mereka meraksasa dan mereka pindah ke sebuah gedung dengan puluhan karyawan. Mereka juga mengimpor bahan-bahan baku alami terbaik, bahkan ada yang dari Indonesia!

“Kami mengimpor shea butter dari Ghana, minyak kelapa bersertifikasi dari Indonesia, dan hydrolates dari Prancis,” ujar Ania.

Kedua kakak beradik ini juga dengan rutin menggelar workshop pembuatan scrub dan sabun. Tidak takut resep diambil orang nih? “Ya, ngapain takut. Kami malah senang jika orang senang. Bikin sabun itu bikin relaks, lho. Bisa hilangin stres.”

Hasna suka sama kakak-adik yang #BaikdanCantik ini. Hasna menikmati sesi bikin home-made scurbs. Jangan lupa diliat artikel resep cara pembuatannya di Tips dan Trik

DAY 2- INGLOT!

Siapa yang gak tahu Inglot? Ternyata brand kosmetik dengan brand ambasador selebriti dunia Jennifer Lopez atau J.LO ini berasal dari Poland lho! Tentu kamu tahu Inglot terkenal dengan kuteksnya yang breathable, jadi bisa dilalui udara dan air.

Inglot O2M Breathable Nail Enamel adalah cat kuku yang terbuat dari Polymer, bahan pembuat lensa kontak. Bahan Inglot O2M diklaim dapat dilewati oleh udara dan uap air.

Hasna yang datang ke pusatnya di Warsawa, langsung dong nanya soal kontroversi halal tidaknya kuteks ini. Hasna bertemu sendiri penerus bisnis keluarga Inglot,  Milena dan Grzegorz Inglot. Soal halal ini Grzegorz mengatakan, “Kalau dari teknologi, memang saya pastikan kuteks Inglot itu hasil teknologi yang membuatnya bisa dilalui atau tembus air, semua bahan vegetarian, dan Inglot juga tidak melakukan animal testing. Inglot menyadari pentingnya sertifikasih halal, karena itu kami sedang proses untuk mendapatkan ini.”

Jelasnya, lihat paparan Hasna mengenai kuteks Inglot ini di section Kabar Halal ya. Kunjungan Hasna makin komplet karena Inglot memperagakan penggunaan eyeshadow-nya di model, dengan look yang natural atau glamor.

DAY 3- BEAUTY FORUM

Hari terakhir kunjungan Hasna menjadi puncak acara, karena Hasna berkunjung ke Beauty Forum di Warsawa. Di sini, Hasna bertemu dengan para pebisnis atau produser brand kosmetik lokal. Banyak nama-nama yang sudah terkenal atau baru Hasna dengar. Beberapa di antara mereka memberi Hasna sampel, yang Hasna review lho. Lihat saja terus section Cantik-Tried and Tested Hasna ya.

Kamu pasti bakalan kalap kaya Hasna di sini. Kamu bisa beli produk-produk kecantikan terkenal seperti Inglot atau Nyx, atau produk-produk lokal seperti Effect, Joko, Paese, Yasumi, M’onduniq, dan masih banyak lagi.

Terlihat juga ramai kegiatan lomba kecantikan, seperti lomba merias wajah dan menata rambut. Selain itu, kamu juga bisa manicure-padicure dan facial di situ juga. Menyenangkan!

Seru banget ya? Yuk, baca artikel Hasna lainnya ‘oleh-oleh’ liputan dari Warsawa, Polandia ini. Oya, untuk kamu yang mau undang Hasna, email ya ke: [email protected].

FB / Foto: FB, courtesy Beauty Forum Poland, Naturativ, Inglot, Chantal, Ministerstwo.