Siapa di sini yang musuhan sama jerawat? Relaks dulu jangan langsung marah dan pencet-pencet jerawatmu ya, Cantik. Nanti kalau mbekas atau bopeng kamu malah bete.

Hasna punya info seru nih, ternyata jerawat tidak hanya bisa dihilangkan dengan perawatan skincare atau treatment-treatment mahal. Tapi juga bisa dengan melakukan diet, alias mengatur pola makan yang tepat. Karena apa yang kamu makan juga berpengaruh terhadap hormon dan kulitmu. So, perhatikan panduan dari Hasna ini ya.

Say Yes To:

– Makanan probiotik seperti kefir, yang bisa juga dijadikan masker.

– Vitamin A, biasanya terdapat pada sayuran seperti bayam, kale, kentang, wortel, dll.

– Makanan tinggi Zat Besi seperti daging sapi, kacang mede, dll.

– Makanan berserat tinggi yaitu sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan oatmeal

– Yang mengandung Omega 3, seperti ikan salmon dan telur.

Makanan-makanan sehat tersebut akan menjaga tubuhmu tetap sehat dari dalam karena gizinya yang seimbang. Hormon akan bekerja dengan baik dan kulit jadi lebih segar. Makanan-makanan di atas juga mengandung antiinflamasi yang mencegah tumbuhnya jerawat. Jangan lupa juga untuk minum air putih dengan cukup, kulit yang lembab jauh dari masalah jerawat.

 

Big NO NO to:

– Makanan yang mengandung banyak gula, yup makanan-makanan enak itu. Cakes, pancakes, cupcakes, roti, permen, dll.

– Yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.

– Dairy Products seperti susu dan keju.

– Junk food.

– Cokelat, oops! Boleh kok makan ini tapi sekali-sekali saja ya.

Rata-rata makanan tersebut mengandung kadar gula yang tinggi, hal itu bisa membuat insulin naik. Yang menyebabkan inflamasi pada kulit dan clogged pores atau pori-pori tersumbat karena banyaknya sebum. Yang pada akhirnya akan membuat jerawat bertambah parah.

Ikuti panduan makan dari Hasna di atas ya. Padukan juga dengan olahraga yang rutin serta tidur yang cukup, dijamin jerawat-jerawat itu tidak akan lagi mengganggu hidupmu.

 

LDK / Foto: freepik @senivpetro