Alih-alih pengen banget Si Tampan berhenti merokok, tapi kok merokoknya malah makin intens ya. Apalagi kalau Si Tampan lagi ngumpul sama temen-temennya, sudah pasti gak bisa lepas dari yang namanya rokok. Padahal Si Tampan sadar betul kalau rokok bisa merusak kesehatan dan paru-parunya. Jadi, gimana dong caranya supaya Si Tampan bisa lepas dari rokok. Mudah-mudahan 5 rekomendasi makanan ala Hasna di bawah ini bisa membantu ya, Cantik. Kasih artikel ini ke Si Tampan ya.

1. Sayur dan buah

Sayur dan buah adalah alternatif lain untuk membantu Si Tampan berhenti merokok. Coba belikan Si Tampan jeruk, apel, pir, atau pisang yang mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan juga serat untuk ia konsumsi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2013 menyebutkan para perokok yang suka mengonsumsi sayur dan buah cenderung lebih mudah terbebas dari jeratan rokok. Bahkan, keinginan untuk berhenti merokok akan menguat hingga 30 hari ke depan, dibandingkan dengan perokok yang jarang makan sayur dan buah. Dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, dapat membantu mengembalikan sensitivitas lidah yang membuat Si Tampan akan ketagihan dan melupakan rokok.

2. Ginseng

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat mencegah pelepasan neurotransmitter dopamin (hormone ‘kenikmatan’) saat Si Tampan merokok. Sarankan Si Tampan untuk minum ramuan ginseng setiap minggu untuk mengurangi tingkat kenikmatan yang biasa ia dapatkan dari rokok.

3. Susu

Menurut penelitian dari Duke University, perokok yang minum segelas susu sebelum merokok, secara psikologis akan berpikir rokok itu terasa pahit dan mengerikan. Jadi, berikan susu setiap kali Si Tampan mengalami keinginan untuk merokok.

4. Camilan Asin

Beberapa orang yang berhasil berhenti merokok membuktikan bahwa makan camilan asin seperti keripik kentang, atau keripik singkong yang asin dapat membantu menangkal keinginan untuk merokok yang menggebu.

5. Kacang-kacangan

Satu toples kecil kacang, apapun jenisnya (kacang tanah, kacang almond, maupun kacang mede) dapat memberi Si Tampan energi, protein, dan banyak nutrisi.

Baiklah, semoga berhasil ya. Waktunya mengudap bukan menghisap rokok!

 

IR / Foto: Freepik, Pixabay