Sebentar lagi akan tiba Pesta Demokrasi, 17 April 2019. Semua masyarakat diwajibkan untuk ke TPS dan memilih Calon Wakil Presiden dan Calon Presiden RI serta para wakil rakyat yang akan duduk di DPR RI, DPD serta DPRD Provinsi dan Kabupaten. Tak terkecuali untuk anak milenial seperti kamu, juga wajib ‘menyuarakan’ pilihanmu. Sebelum memilih, kamu perlu tahu secara mendalam rekam jejak kedua pasangan calon kepala Negara lalu pilihlah dengan bijak. Eits, sebelum datang ke TPS ada baiknya kamu ikuti tips dari Hasna kali ini. Dan jangan Golput ya. Selain itu hak kamu, juga kamu mau kan ikut serta demi jalannya demokrasi dan kemajuan bangsa?

Pastikan Namamu Terdaftar di DPT

Sebelum tanggal 17 April tiba, coba cek dulu apakah namamu sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Ada 2 syarat yang harus kamu penuhi untuk masuk dalam daftar DPT, yakni: Kamu harus Warga Negara Indonesia (WNI) dan sudah berusia 17 tahun atau lebih saat memilih. Cara mengecek nama apakah sudah terdaftar di DPT bisa kamu lakukan dengan mendatangi kantor desa/kelurahan setempat.

Kenali 5 Jenis Surat Suara

Sebelum masuk bilik TPS, pastikan surat suara yang kamu terima tidak rusak. Lalu mantapkan pilihan untuk mencoblos calon Cawapres, Capres dan Wakil Rakyat pilihanmu. Kamu akan diberi 5 jenis surat suara dengan warna yang berbeda-beda, yaitu abu-abu, kuning, merah, biru, dan hijau.

  • Surat suara abu-abu, untuk memilih calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019.
  • Surat warna kuning, untuk memilih calon anggota DPR Pemilu 2019, yang memuat daftar calon legislatif yang akan menduduki kursi di DPR RI.
  • Surat warna merah, untuk memilih calon anggota DPD RI Pemilu 2019.
  • Surat warna biru, untuk memilih calon anggota DPRD Provinsi Pemilu 2019.
  • Surat warna hijau, guna memilih calon anggota DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2019.

Perhatikan Posisi yang Tepat untuk Mencoblos

Agar suaramu masuk hitungan yang sah, perhatikan cara mencoblos yang baik dan benar seperti acuan berikut ini:

  • Untuk surat suara warna abu-abu presiden dan wakil presiden, kamu cukup mencoblos satu kali pada nomor, nama, foto pasangan calon, atau logo partai politik pengusung dalam satu kotak di surat suara.
  • Pada surat warna kuning untuk anggota DPR, kamu bisa mencoblos satu kali pada nomor, logo partai politik, atau nama calon anggota DPR.
  • Surat warna merah untuk anggota DPD, cukup coblos satu kali pada nomor, nama, atau foto calon anggota DPD.
  • Selanjutnya, untuk surat warna biru anggota DPRD Provinsi, coblos satu kali pada nomor atau logo partai politik, atau nama calon anggota DPRD Provinsi.
  • Terakhir, surat warna hijau untuk calon anggota DPRD Kabupaten/Kota, sama seperti di atas, coblos satu kali pada nomor atau logo partai politik, atau nama calon anggota DPRD Kabupaten/Kota.

*Khusus untuk surat warna kuning, biru, dan hijau tidak mencantumkan foto kandidat.

Datang Tepat Waktu

Biasanya TPS sudah buka sejak jam 7  pagi, maka pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dari pagi untuk datang ke TPS di dekat rumah. Datanglah tepat waktu, agar kamu bisa mendaftarkan namamu lebih awal dan nggak kena antrian panjang.

Lebih Baik Jalan Kaki

Namamu pasti akan terdaftar di TPS terdekat dari rumah. Sebaiknya kamu berangkat bersama anggota keluarga lain berjalan kaki tanpa membawa kendaraan. Karena selain susah mencari parkir, mayoritas pemilih juga datang dengan jalan kaki, kamu nggak mau kan kendaraanmu terlihat ‘mencolok’, nge-blok jalan, dan menjadi bahan gunjingan orang?

Pilih Warna Baju Netral

Saat datang ke TPS, hindari memakai baju berwarna sama dengan warna salah satu partai politik atau warna baju yang sering dipakai salah satu Capres atau Cawapres. Karena kesalahan memakai warna bisa berisiko konflik dengan calon pendukung yang lain. Sebaiknya cari warna baju netral yang cenderung aman, seperti warna hijau mint ala Hasna, hitam, pink, atau batik.

Barang Bukti Si Tinta Ungu

Terakhir, setelah mencoblos dan memasukkan surat ke dalam kotak suara, kamu wajib mencelupkan satu jari ke tinta ungu yang sudah disediakan sebagai bukti kamu telah resmi memilih dan menggunakan hak suara di pemilu 2019. Selfie? Boleh banget! Tapi jangan pas di dalam bilik pengambilan suara ya, hihihi.

Gimana? Nggak ribet kan? Ingat, jadilah pribadi dan Warga Negara Indonesia yang bertanggung jawab, jangan sampai Golput ya, Cantik!

 

IR / Ilustrasi: CJ-Hasna.ID / Video: youtube KPU RI