Cantik, kamu yang punya kulit sawo matang cenderung gelap, jangan takut untuk bereskperimen dengan warna-warna makeup. Punya kulit gelap justru terlihat seksi dan khas Indonesia. So, kamu yang punya kulit sawo matang atau gelap bisa banget tampil memukau dengan riasan yang tepat. Seperti apa? Nih Hasna kasih tau trik jitunya sesuai hasil referensi dari seorang Makeup Specialist, Nindy Permaisuri.

Cari Warna Foundation yang Tepat

Hasna akan berbagi tips cara memilih warna foundation yang cocok yakni dengan mencobanya di kulit sekitar rahang. Jangan menggunakan base apapun dulu untuk mendapatkan shade paling pas. Kesalahan terbesar selama ini adalah perempuan suka mencari warna foundation sesuai kulit tangan. Itu salah ya, Cantik. Bagaimanapun juga warna kulit wajah dan tangan berbeda.

Bila kamu terlanjur membeli foundation dengan warna terlalu terang, maka kamu bisa menggunakannya dengan cara mencampurkan produk khusus seperti krim contour untuk menggelapkan shade foundation-mu. Caranya, colek sedikit saja dan gunakan sebagai campuran foundation yang terlalu terang tadi untuk makeup kulit gelapmu.

Gunakan Highlighter Sebagai Efek Glowing

Kesan glowing pada kulit gelap atau sawo matang bisa membuat riasanmu lebih fresh dan outstanding! Aplikasikan highlighter warna emas atau bronze untuk pancaran kilau yang natural. Cukup aplikasikan tipis-tipis pada tulang pipi, ujung hidung, dahi, dan dagu. Sedangkan untuk makeup di malam hari, aplikasikan lebih tebal agar kesan glowing dan shiny-nya lebih nyata. Highlighter tidak hanya membuat wajah terlihat glowing, tetapi juga memberi kesan kulit yang sehat. Terutama bila diaplikasikan tipis untuk daily makeup.

Blush On Peach atau Pink Recommended!

Menurut Nindy, kulit gelap memang unik dan bisa ‘bermain’ warna. Secara alami, warna kulit eksotis ini cukup fleksibel untuk masuk pada warna-warna tertentu. Untuk memaksimalkan kesan tersebut, kamu bisa menggunakan blush on dengan nuansa peach atau light pink. Karena, warna ini bisa membuat pipi terlihat merona alami dan terkesan segar. “Sebaiknya jangan langsung mengaplikasikan dua warna ini, lebih dulu buat shading di pipi dengan warna cokelat baru kemudian diberi warna peach dan pink di tulang pipi. Setelah itu kamu baurkan dengan teknik yang tepat,” ujar Nindy.

Lipstik Warna Cherry atau Pink Magenta

Dari sekian banyak warna lipstik, coba deh pilih warna merah Cherry atau Pink Magenta untuk dipulaskan di bibir. Hasna jamin tampilan bibirmu akan mencuri banyak perhatian orang, karena kamu tampak segar dan menawan.

Eyeshadow Earth Tone

Nah, untuk eyeshadow kamu tinggal pulaskan sentuhan warna cokelat tanah untuk tampilan yang natural seperti soft brown, atau dark brown sangat pas untuk si pemilik kulit gelap. Sementara untuk makeup yang lebih glamor, warna emas dan bronze bisa jadi pilihan yang menarik! Nindy pun menyarankan agar perempuan kulit gelap mencoba kombinasi warna eyeshadow cokelat dan orange.

Jangan ragu untuk mengeksplor warna lain ya, Cantik. Tetaplah percaya diri dan menjadi dirimu sendiri. Karena apapun warna kulitmu, kamu tetap cantik dengan inner beauty yang terpancar dalam dirimu.

 

IR / Foto: Instagram @nindy_permaisuri @maccosmetics, esteelauder.com, loreal-paris.co.uk, sascofficial..com, urbandecay.com