Sosial media (sosmed) sudah jadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari hari-harimu. Mulai dari bangun tidur hingga mau pergi tidur, kamu pasti berkutat dengan gadgetmu dan mengecek sosmed. Tapi kamu tahu kan Cantik, kalau semua yang berlebihan itu tidak baik termasuk berlebihan main sosmed. Karena sudah banyak penelitian yang dilakukan oleh para psikolog yang menghasilkan pernyataan bahwa kecanduan sosmed bisa membawa pengaruh negatif ke kesehatan mentalmu. Nah kamu gimana nih? Sudah berlebihankah main sosmed?

Kamu bisa cek dulu lima poin dari Hasna ini tentang tanda-tanda kalau kamu sudah mulai kecanduan dan membutuhkan detoks sosmed.

1. Selalu Pegang Gadgets dan Buka Sosmed

Cantik, stop menghabiskan “me time” dengan mengecek sosmed. Masih banyak hal-hal seru yang bisa dilakukan di kala me time. Lakukan hobi-hobimu yang sudah lama tidak tersentuh atau coba belajar hal baru. Step selanjutnya, kamu bareng Si Tampan pun buka sosmed. Hasna gak mau kamu sedih gara-gara diputusin Si Tampan ya!

2. Makan Sambil Buka Sosmed

Hati-hati keselek Cantik! Tau nggak kalau makan sambil melakukan hal lain bisa membuat berat badan naik lho. Karena multitasking saat makan akan membuat tubuh sulit mendeteksi rasa kenyang. Kamu jadi tidak puas dengan makananmu dan ingin makan lebih banyak lagi. Mungkin itu alasan kenapa angka timbanganmu tak turun-turun.

3. Semua Postingan Gengges

Berarti yang salah kamu. Rasanya ingin nyinyir saja melihat postingan teman. Bahkan kalimat caption yang positif pun terasa menyebalkan. Dan semakin scrolling semakin pula kamu kesal. Wah sudah deh Cantik, hapus dulu sosmed dari gadgetmu.

4. Rumput Tetangga Selalu Lebih Hijau

Kamu mulai merasakan iri saat melihat postingan sosmed teman-temanmu. Seakan hidup orang-orang itu jauh lebih baik dari hidupmu. Kamu pun mulai membandingkan hari-harimu yang rasanya biasa-biasa saja dengan hari-hari orang lain yang tampak lebih ‘wah.’ Yang kamu perlu ingat nih Cantik, banyak orang hanya menampilkan apa yang ingin mereka tampilkan di sosmed, padahal itu bukan kehidupan mereka yang sebenarnya.

5. Sebelum Tidur Cek Sosmed

Hal ini juga bisa membuat jam tidurmu terganggu Cantik. Karena pancaran blue light dari gadget bisa mengurangi rasa kantuk. Radiasi blue light juga bisa membuat keriput bermunculan jadinya kamu malah tampak lebih tua deh. Waktu tidur berkurang dan tidak berkualitas bisa membuat mood kamu jadi buruk seharian lho.

 

Tanyakan kepada dirimu sendiri kelima poin di atas. Kalau semuanya ‘kamu’ banget, berarti kamu memang sangat membutuhkan detoks media sosial. Batasi penggunaannya ya, beberapa media sosial sudah ada fitur pengingat waktunya kok. Atau sekalian saja hapus dulu sosmedmu di HP selama seminggu atau lebih. Dengan cara tersebut ketergantunganmu terhadap sosmed akan berkurang.

 

LDK / Foto: Pexels