Perih, nyeri, sampai jadi malas makan. Itu yang terjadi saat sariawan datang. Memang ukurannya kecil sih tapi mengganggu banget ya Cantik. Dan walaupun sariawan memang bisa sembuh dengan sendirinya, tapi dibutuhkan waktu yang cukup lama. Tenang Cantik ada cara yang lebih cepat untuk menyembuhkan sariawan tanpa obat-obatan kimia. Alias dari bahan-bahan alami yang ada di rumah, ini dia beberapa caranya:

Garam

Campurkan garam dalam air hangat lalu berkumurlah dengan larutan tersebut sekitar satu menit. Lakukan tiga kali dalam sehari hingga sariawan hilang. Larutan air garam ini dapat membantu luka sariawan cepat kering.

Bawang Putih

Caranya mudah banget nih Cantik, kamu tinggal potong bawang putih lalu oleskan langsung pada sariawan. Getah bawang putih bisa menyembuhkan sariawan karena bisa menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri pada tubuh.

Virgin Coconut Oil

Minyak kelapa murni ini sekarang sangat mudah ditemukan di mana saja, terutama di toko-toko organik. Untuk menghilangkan sariawan kamu tinggal oleskan minyak ini pada bagian yang luka, tunggu beberapa saat lalu bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat.

Teh Celup

Teh punya sifat untuk mengatasi peradangan, termasuk untuk mengatasi sariawan. Gampang kok, kamu tinggal kompres sariawan dengan kantong teh celup bekas pakai. Kantong teh ini juga bisa mengurangi rasa sakit sariawanmu.

Kayu Manis

Rebus kayu manis dalam air selama lima menit. Lalu berkumurlah dengan air rebusan tadi yang telah didinginkan. Kayu manis ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi lho Cantik. Air rebusan kayu manis juga ampuh menyembuhkan sariawan karena memiliki sifat anti-jamur dan anti-parasit.

Kamu bisa coba kelima cara di atas untuk mengatasi sariawan. Semoga cepat hilang sariawannya ya, Cantik.

 

LDK / Foto: unsplash, pexels