Bra merupakan kebutuhan primer yang digunakan perempuan dalam kesehariannya, selain pakaian luar. Tapi, kenapa justru bra sering diabaikan dan kurang diperhatikan. Para perempuan kebanyakan malah sibuk memilih dan membeli pakaian yang dipakai untuk mempercantik penampilan luar. Biar kamu lebih peka dan ‘memperhatikan’ kebersihan si bra, yuk simak ulasan Hasna mengenai bra berikut ini.

Seberapa sering kamu harus benar-benar mencuci bra?
Hasna merekomendasikan kamu, seperti dilansir dari Real Simple, untuk mencuci bra setiap kali habis pemakaian, atau dengan batas maksimum sampai pemakaian yang ketiga. Tapi sebaiknya bra memang dicuci setiap hari untuk membersihkan sisa-sisa deodorant, parfum, dan keringat yang tertinggal dari kulitmu. Mengingat aktivitasmu yang lama dan menghabiskan waktu sekitar 10-12 jam di luar dalam sehari. Dampaknya akan berbahaya jika kotoran bekas keringat dibiarkan menempel terlalu lama pada bra.

Cara terbaik untuk mencuci bra underwire?
Untuk jenis bra underwire kamu bisa mencucinya langsung setelah dipakai. Tidak perlu dicuci dalam mesin cuci, kamu cukup mencucinya dengan tangan memakai deterjen rendah busa. Mesin cuci hanya akan merusak bentuk dan kelenturan bra. Biar lebih simpel dan cepat, kamu bisa menggunakan wastafel kamar mandi selama 4 sampai 5 menit saja sebelum menjemurnya di gantungan baju atau rak handuk. Tidak perlu melakukan pencucian terlalu lama, apalagi  sampai setengah jam.

Berapa banyak bra yang harus kamu punya?
Dalam satu tahun, berinvestasilah dengan 5-7 buah bra, terhitung untuk 90-100 kali untuk masing-masing pemakaian. Jangan remehkan penggunaan dan pentingnya berganti-ganti bra di keseharianmu ya, Cantik.  Karena ini memungkinkan bra untuk mendapatkan kembali bentuk dan elastisitasnya untuk bernapas di sela-sela pemakaian.

Cara yang tepat untuk menyimpan bra?
Simpanlah bra di tempat yang terkena udara dan tidak lembap agar pori-porinya bisa bernafas bebas. Taruhlah dengan cara melipat dan diberi bantalan dengan kain lembut (seperti selimut atau pakaian lembut) di bawahnya.

 

IR / Foto: pexels