Setelah lulus sekolah atau kuliah dan langsung memasuki dunia kerja, pasti kamu akan dikagetkan dengan banyaknya aktivitas atau pekerjaan baru yang sangat menyita waktumu. Tiba-tiba kamu jadi sangat sibuk, bingung sendiri, malah jadi lupa ini dan itu, kerjaan tidak beres, dan akhirnya stres pun melanda. Kalau sudah begitu tandanya kamu butuh satu kegiatan baru Cantik, yaitu “journaling.”

Sudah tahu belum, journaling ini juga jadi salah satu habit atau kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang sukses lho. Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, Leonardo Da Vinci, bahkan Napoleon Bonaparte merupakan beberapa orang yang rajin menulis jurnal. Berbagai ide, buah pikiran, dan catatan harian dituliskan pada jurnal. Mengapa para orang sukses melakukan journaling? Hmm, tentu saja karena banyak manfaatnya, ini dia beberapa di antaranya:

  1. Membuat jurnal harian bisa membantumu untuk merefleksi diri sehingga bisa memperbaiki bagian mana dari diri kamu yang perlu diperbaiki dan bagian mana yang bisa lebih dikembangkan lagi. Dengan begitu kamu pun jadi lebih mudah untuk meraih kesuksesan.
  2. Kamu juga bisa mencatat “to do list” apa saja yang akan kamu lakukan besok. Jadi kamu lebih terorganisir, pekerjaan lebih cepat selesai, dan nggak lupa-lupa lagi. Kamu pun jadi jauh lebih produktif.
  3. Journaling juga bisa mengurangi stres. Saat kamu sedang punya masalah atau kesal dan marah terhadap suatu keadaan atau orang, coba deh tuliskan kekesalanmu di jurnal. Bisa pakai gaya curhat, “Dear Diary,…” Setelah menuliskannya dijamin kekesalanmu jadi berkurang, perasaanmu juga jadi membaik. Kamu jadi bisa berfikir lebih jernih dan melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda, sehingga solusi dari masalah tersebut lebih mudah ditemukan.
  4. Mencatat jurnal harian juga ada efeknya untuk masa depan. Semua momen yang pernah kamu tuliskan bisa jadi ajang untuk nostalgia kelak. Seru lho baca-baca lagi jurnalmu, kamu bisa ikut senyum-senyum sendiri saat baca hal-hal yang bikin kamu bahagia. Saat membaca tentang momen-momen yang sedih, kamu bisa jadi lebih bersyukur karena telah berhasil melewatinya.
  5. Kreativitasmu juga akan semakin terasah dengan rutin journaling. Di jurnal kamu bisa menuliskan ide-ide yang ingin kamu buat, menuliskan khayalanmu ataupun rencana-rencana besar yang ingin kamu lakukan untuk merubah dunia. Kalau kamu malu atau takut ditertawakan saat cerita ke orang lain tentang ide gilamu, ya tulis saja di jurnal!

Tertarik mencoba journaling? Biar lebih seru dan semangat, beli dulu buku jurnal yang keren dan juga pulpen atau spidol warna-warni untuk menghiasi jurnalmu.

 

LDK / Foto: Pexels