Antara primer dan foundation sebenarnya punya fungsi yang hampir mirip, sama-sama untuk makeup dasar dan bentuknya pun hampir serupa. Tapi tetap ada bedanya, yakni dari fungsi dan pengaplikasiannya. Yuk cari tahu apa perbedaan primer dan foundation, yang wajib dipahami.

  • Primer

Aplikasi primer masih sering terabaikan oleh beberapa perempuan. Karena dianggap kurang penting dan fungsinya sama seperti foundation. Padahal primer ini dipakai sebagai alas makeup yang digunakan untuk lapisan pertama wajah sebelum tersentuh oleh makeup apa pun. Pemakaian primer pada kulit wajah dapat menyebabkan perubahan besar untuk keseluruhan tampilan riasanmu.

Berbeda dengan foundation, primer memiliki fungsi mengunci kelembapan alami kulit wajah, memudarkan pori-pori, dan mengikat makeup agar tahan lama dan warna-warnanya terlihat sempurna. Primer biasanya bertekstur cair atau gel ringan yang ketika dibaurkan pada kulit wajah terasa seperti menggunakan bedak tabur.

Primer biasanya tidak berwarna (transparan) tapi ada juga yang berwarna. Primer transparan biasanya akan cepat ‘menghilang’ di kulit dan mampu mengontrol tone warna kulit kamu. Primer sekaligus dapat membantu mengurangi pemakaian foundation berlebih pada wajah.

Keuntungan yang kamu dapatkan ketika memakai primer sebagai base coat sebelum berdandan adalah makeup terlihat lebih nyata, anti pecah-pecah, dan membuat tekstur kulit wajah tampak lebih mulus.

 

  • Foundation

Foundation digunakan setelah primer. Foundation atau alas bedak fungsinya untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan kekurangan pada wajah sebelum dirias. Bentuknya ada yang cair, bubuk, mousse, maupun krim.  Foundation merupakan salah satu makeup item paling wajib dipakai, karena memiliki andil yang besar dalam menciptakan tampilan riasan yang sempurna dan flawless.

Agar wajah terlihat flawless, pastikan memilih warna foundation sesuai dengan warna kulitmu. Jika foundation ingin diratakan di seluruh wajah, pilih warna yang paling mendekati tone kulit. Hindari foundation warna terang ataupun lebih gelap dari warna kulitmu. Dan, jangan lupa untuk mengoleskan foundation sampai ke leher, biar nggak terlihat belang dengan wajahmu. Untuk mendapatkan wajah lebih cerah, pilih foundation warna shades cenderung kuning.

Jadi sudah jelas ya, Cantik? Kalau mau ingin riasan yang flawless dan full coverage, pakai primer dulu yang merata, baru foundation.

 

IR / Foto: freepik @nikitabuida