Mandi adalah prioritas rutinitas harian yang wajib dllakukan untuk kebersihan tubuh. Tapi, ternyata masih banyak kesalahan yang sering dilakukan. Khususnya untuk Si Tampan yang inginnya selalu praktis dan nggak betah lama-lama di kamar mandi. 10 kesalahan saat mandi ini akan fatal jika dilakukan terus-menerus. Kalau Si Tampanmu atau kamu Si Tampan yang sedang baca ini termasuk salah satu pelakunya, lebih baik stop kebiasaan ini dari sekarang. Apa saja ya 10 kesalahan (yang kadang dianggap sepele) di saat mandi? Hasna batas tuntas termasuk kasih tahu rekomendasi produk yang baik untuk kulit Si Tampan.

1. Memakai Produk yang Merusak Kulit

Misalnya kandungan wewangian, paraben, dan zat-zat aditif di setiap produk perlengkapan mandi, yang dapat berdampak pada kerusakan dan kulit di kemudian hari.

Rekomendasi produk: Lush Shower Gel Happy Hippy yang mengandung grapefruit water dan grapefruit oil. Cocok untuk kulit kering dan sensitif tanpa menyebabkan iritasi.

2. Eksfoliasi Terlalu Sering

Sebagian besar pria sering membuat kesalahan dalam penggunaan scrub wajah dan tubuh setiap hari. Pengelupasan kulit yang dilakukan terlalu sering, justru akan merusak kulit dan menimbulkan jerawat. Saran Hasna, gosok sel-sel kulit mati dua hingga tiga kali seminggu untuk menjaga kulit bebas jerawat, dan lebih halus.

Rekomendasi produk: Energising Deep Cleanser dari The Body Shop, pembersih wajah khusus pria dengan kandungan guarana seed dan green coffee. Membantu membersihkan wajah dari kotoran dan membuat kulit terasa segar, dan kembali berenergi. Cocok untuk kulit yang tampak lelah dan kusam.

3. Mengabaikan Bagian Tubuh Lain

Seperti punggung, pusar, bokong, kaki dan belakang telinga. Kebayang kan kalau kamu luput dari membersihkan bagian tubuh ini. Buat apa jadi pria tampan tapi jorok. Oh no!

4. Tidak Membersihkan atau Mengganti Pisau Cukur

Alat-alat tajam seperti gunting atau pisau cukur sangat rentan dihinggapi bakteri dan kuman yang bersarang di kamar mandi. Jadi kamu perlu membersihkan atau mengganti setidaknya satu bulan sekali.

5. Menggunakan Produk Perawatan Rambut yang Salah

Seperti sabun, sampo atau kondisioner yang tidak sesuai jenis kulit atau jenis rambut. Coba perhatikan produk apa saja yang salah yang sering digunakan Si Tampanmu. Kalau perlu, kamu yang ganti dan belikan dia produk yang tepat.

Rekomendasi produk: Marun Natural Hair Maintenance Shampoo, yang terbuat dari bahan alami, tanpa kandungan sodium laureth sulfate (SLS). Di dalamnya terkandung aloe vera, olive oil, pro-vitamin B5, yang bekerja secara efektif menutrisi akar hingga batang rambut, sehingga ampuh mengatasi masalah rontok, ketombe, dan rambut lepek.

6. Keramas Setiap Hari

Keramas memang bisa membuat ritual mandi terasa menyenangkan dan kepala menjadi segar. Namun, bukan berarti bisa dilakukan setiap hari. Sebab, sifat sampo dirancang untuk mempertahankan minyak, jadi bila digunakan setiap hari dapat mengeringkan folikel rambut lebih cepat dan membuat kerusakan. Usahakan untuk keramas tidak lebih dari dua hingga tiga kali seminggu, untuk menjaga kelembaban dan merangsang pertumbuhan.

7. Selalu Mandi dengan Air Hangat

Duh, masa pria takut air dingin sih! Memang nggak ada larangan untuk mandi air hangat, tapi kamu harus tahu kalau air dingin itu banyak manfaatnya lho. Setidaknya, setiap kali habis mandi air hangat, beri tubuh Tampan siraman air dingin sebagai bilasan terakhir. Karena air dingin dapat mengencangkan pori-pori dan mencegah kotoran masuk ke dalam kulit. Selain itu, membantu rambut tampak lebih sehat dan bersinar, air dingin juga menjadi terapi stres dan anti-depresi paling sederhana.

8. Mencukur dengan Sabun

Nah, ini wajib diingat ya. Menggunakan pembersih tubuh atau sabun yang sama untuk mencukur adalah kesalahan besar yang sering dilakukan Si Tampan. Karena sabun atau body wash menggunakan bahan yang hanya dirancang untuk menghilangkan kotoran dan minyak, sedangkan krim atau gel cukur memiliki bahan penghidrasi yang membuat kulit jadi lebih lembut setelah dicukur.

Rekomendasi produk: Calming Post-Shave Water-Gel dari The Body Shop yang memberi efek dingin dan adem serta membantu menenangkan dan tidak membuat perih di kulit.

9. Salah Pakai Pelembap

Setelah mandi, hasna sarankan untuk Si Tampan tetap memakai pelembab untuk mempertahankan hidrasi dan kelembapan kulit yang cenderung mengering sehabis mandi. Ingat, jangan gunakan pelembap yang sama untuk wajah dan tubuh ya, Tampan.

Rekomendasi produk: Energising Moisturiser dari The Body Shop, pelembab wajah khusus pria bertekstur gel-lotion yang terasa ringan dan tidak menyebabkan lengket untuk membantu melembapkan kulit.

10. Rambut Dibiarkan Tanpa Kondisioner

Ini salah besar! Jangan salah kaprah ya, Tampan. Kondisioner dipakai bukan hanya untuk perempuan, tapi kamu juga perlu. Khususnya buat kalau helai rambutmu tebal, akan lebih baik jika memakai kondisioner lebih sering. Pilih kondisioner yang kaya hidrasi dan alami. Rekomendasi hasna adalah produk: Rugged & Dapper Hydration Remedy Conditioner, mengandung bahan-bahan alami seperti jojoba oil, aloe vera, coconut oil dan tea tree yang membuat rambut jauh dari lepek, lebih halus, dan terlindung dari bakteri dan kerusakan.

11. Gosok Tubuh Terlalu Keras Sampai Kering

Menyeka tubuh dan rambut dengan kasar menyebabkan kerusakan dan iritasi kulit. Keringkan tubuh dengan hati-hati saat keluar dari kamar mandi sambil menepuknya dengan lembut menggunakan handuk lembut. Jangan menyeka sampai kering, biarkan tubuh sedikit basah untuk memberi kelembapan pada kulit. Mulailah dari bagian atas kepala sampai ke jari-jari kaki.

Mudah kan? Jangan merasa risih melakukan perawatan tubuh ya, Tampan. Karena wajah tampanmu nggak ada gunanya kalau kamu kusam, jorok, apalagi bau. So, stay clean and handsome ya!

IR/Foto: Instagram @lushcosmetics, thebodyshop.co.id, marunaromaterapi.com, ruggedanddapper.com / Header: pixabay