Produk kecantikan berbahan organik semakin banyak digemari. Berbagai bahan dari alam kini lebih dikembangkan lagi untuk menjadi kosmetik maupun skincare. Bunga Calendula adalah salah satunya. Kelopak bunga ini sering dimasukkan ke dalam kandungan produk kecantikan atau bahkan menjadi bahan utama dari suatu produk. Beberapa brand terkenal juga sudah memasukkan Calendula ini ke dalam produk mereka lho, misalnya brand Kiehl’s yang punya produk Calendula Herbal Extract Toner. Dan juga Natural Pacific yang mengeluarkan produk Real Floral Toner Calendula dengan kelopak Calendula asli di dalam produknya. Makin penasaran kan sama Calendula? Kali ini Hasna bahas sampai tuntas ya.

Bunga Calendula tuh yang Mana sih?

Bunga calendula biasa disebut juga “pot marigold”, biasanya berwarna orange atau kuning. Calendula ini termasuk edible flowers alias bisa dimakan dengan rasa yang sedikit pedas. Biasanya bunga ini dijadikan hiasan di suatu makanan seperti cake karena memang bentuknya cantik. Kadang juga dicampurkan ke dalam sup dan salad.

Apa Manfaatnya?

Si Cantik Calendula ini bersifat anti-inflammatory, antifungal, antimicrobial, dan mengandung astringent. Makanya ia punya banyak manfaat untuk kecantikan, antara lain:

  1. Melembutkan kulit.
  2. Meringankan dan menyembuhkan jerawat.
  3. Menghilangkan bekas jearawat.
  4. Menghidrasi dan merawat kulit kusam.
  5. Mencegah keriput.

 

Membuat produk kecantikan dari Calendula ternyata tidak terlalu sulit lho. Mau coba? Hasna punya beberapa resep simpel:

  • Buat infused water dari kelopak bunga Calendula, caranya seperti membuat infused water buah-buahan Cantik, cukup campurkan kelopak Calendula segar ke dalam air bersih. Dari infused water Calendula ini kamu bisa membuat berbagai produk kecantikan.
  • Toner Calendula: Campurkan infused water Calendula (lengkap dengan kelopaknya) dengan aloe vera gel, ke dalam sebuah botol. Kocok dan simpan dalam kulkas. Cara menggunakan toner sama seperti biasanya, tuangkan secukupnya pada kapas dan tepuk-tepuk di wajah.
  • Calendula Oil untuk berbagai keluhan kulit seperti eczema dan iritasi: Campurkan kelopak Calendula dengan olive oil atau jojoba oil ke dalam jar, kocok, dan letakkan di tempat hangat yang terkena sinar matahari selama empat sampai enam minggu. Setelah itu tiriskan minyak atau ambil kelopak bunga dari dalam minyak, dan calendula oil siap digunakan. Oil ini bisa awet hingga dua bulan, simpannya di tempat gelap ya.

 

LDK / Foto: Pixabay