Pernah gak merasa kok wajah kamu terlihat aneh saat makeup? Mungkin ini sebabnya kamu gak suka berdandan, bukan salah si makeup, tapi salah cara kamu mengaplikasikan makeup.

Seni merias wajah adalah sesuatu yang sangat eksperimental. Namun tidak bisa dikerjakan asal-asalan, harus penuh ketelitian dan dengan teknik yang tepat. Coba perhatikan lagi, apakah selama ini kamu merasa sudah benar saat berdandan? Jangan asal memulas ya, Cantik. Berdandan juga harus disesuaikan dengan lekuk dan bentuk wajah. Masing-masing bentuk, memiliki cara dan teknik yang berbeda. Khususnya dalam menempatkan kontur, highlight, dan blush di area tertentu pada wajahmu. Coba lakukan trik berdandan sesuai bentuk wajah yang Hasna berikan berikut ini, biar kamu nggak salah lagi saat memulas makeup.

Square Face (Wajah Persegi)

Wajah berbentuk persegi (square) sebaiknya menerapkan tampilan kontur yang lebih lembut.

Triknya:

– Pertama, aplikasikan kontur pada area dahi, rahang atas, rahang bawah, dan tulang hidung. Saat menerapkan kontur pada garis rahang, gunakan sikat berbulu halus ke arah atas untuk tampilan yang alami.
– Lalu, oleskan blush on pada pipi dan bronzer di lesung pipi.
– Sempurnakan dengan mengaplikasikan highlighter di area dahi dan bentuk V di bagian bawah mata.

Round face (Wajah Bulat)

Wajah bentuk bulat biasanya membuat kamu terlihat lebih muda. Tapi, nggak ada salahnya menambahkan sedikit riasan tipis di wajah. 

Triknya:

– Beri highlight pada pangkal hidung, pusat dahi, pipi bagian atas, di bawah tulang alis, dan area dagu.
– Beri sentuhan bronze atau kontur ke seluruh bagian luar wajah, bawah tulang pipi dan pangkal hidung.
– Aplikasikan blush on memakai satu atau dua jari dari arah hidung, ke bagian atas pipi lalu ke arah telinga, lalu baurkan ke bawah untuk mencegah munculnya garis. Cara ini akan membantu menyamarkan bentuk bulat di wajah menjadi lebih tirus.

Heart Face (Wajah Bentuk Hati)

Wajah berbentuk hati dapat diseimbangkan menggunakan bronzer pada dahi. Kamu yang punya wajah bentuk hati, biasanya punya tulang pipi menonjol yang indah.

Triknya:

– Pakai highlighter di pangkal hidung, titik bagian bawah mata, di bawah tulang alis, ke rahang, bagian ujung dagu, dan dagu atas.
– Pulaskan bronzer atau kontur ke bagian atas dahi sambil dibaurkan ke arah pelipis, lalu dari tulang alis sampai hidung dan di bawah tulang pipi sampai ke ujung dagu.
-Terapkan blush-on satu hingga dua jari dari hidung, ke bagian atas pipi lalu ke arah telinga. Ratakan ke arah bawah untuk mencegah munculnya efek garis. Trik riasan ini akan memberi efek tulang pipi yang tinggi.

Oval Face (Wajah Oval)

Wajah berbentuk oval adalah yang paling seimbang, jadi hanya perlu aplikasi makeup standar.

Triknya:

– Gunakan kuas lalu oleskan bronzer matte atau kontur mulai dari arah dahi, lalu turun ke bagian pipi bawah, dan pangkal hidung bawah.
– Masih menggunakan kuas yang sama, oleskan sedikit sentuhan blush on dari pelipis ke arah pipi lalu finish dengan airbrushed.
– Beri highlighter di titik-titik bagian wajah seperti, dahi, apple cheeks, sudut mata bawah, rahang bawah, pangkal hidung, dagu, dan bagian cupid bibir.

Nah, itulah tips dan trik merias wajah yang bisa kamu ikuti ya, Cantik. Kenali dulu bentuk wajahmu, baru kamu bisa memulas makeup dengan tepat agar riasanmu terlihat sempurna. Tetaplah menjadi perempuan yang #BaikdanCantik.

IR / Ilustrasi: Cije-Hasna.ID