Wajah dan hidung kamu penuh komedo? Jangan dulu panik. Sebab, komedo bisa dihilangkan kok, asalkan kamu tidak memaksanya keluar dengan cara memencet terlalu keras. Ketahui dulu tentang seluk beluk komedo, seperti asal dan penyebabnya. Serta apa bedanya dengan jerawat. Hasna akan bahas semuanya biar kamu nggak penasaran ya, Cantik.

Di Mana Tempat Muncul Komedo?

Komedo biasa muncul di wajah dengan ciri bintik kecil berwarna gelap. Sekilas terlihat seperti jerawat, tapi warna komedo lebih gelap. Warna gelap ini terbentuk dari pigmen melanin (dihasilkan dari sel-sel kulit) yang terkena paparan udara atau sinar matahari sehingga mengalami proses oksidasi.

Komedo paling sering muncul di hidung, dagu, sekitar bibir, dan telinga. Selain di area wajah, komedo juga bisa muncul di punggung, leher, lengan, bahu, bahkan dada. Hal ini karena ada banyak folikel rambut di daerah tersebut.

Komedo Terjadi Karena Apa?

Komedo umumnya terjadi karena kotoran yang terjebak di pori-pori kulit. Hal ini mungkin terjadi bila kamu jarang membersihkan wajah, terutama setelah menggunakan makeup.

Sebenarnya ada dua faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya komedo di wajah, yaitu usia dan perubahan hormon. Komedo sering muncul saat pubertas, di mana peningkatan hormon pada saat ini dapat memicu produksi minyak di bawah kulit. Tidak hanya saat pubertas, tapi juga saat menstruasi, kehamilan, atau karena penggunaan pil KB.

Beberapa faktor lain yang menyebabkan timbulnya komedo adalah:

  • Penggunaan kosmetik yang dapat menutupi pori-pori kulit.
  • Banyak mengeluarkan keringat.
  • Bercukur, yang dapat membuat folikel rambut terbuka.
  • Stres atau kondisi lain yang berhubungan dengan perubahan hormon, seperti Premenstrual Syndrome (PMS).
  • Penggunaan obat steroid, seperti kortikosteroid.
Beda Komedo dan Jerawat?

Jerawat biasanya berwarna putih karena nanah atau merah saat meradang, sedangkan komedo biasanya berwarna hitam atau putih. Warna merah pada jerawat muncul karena terjadi peradangan di kulit. Sementara komedo bukan terjadi karena peradangan, melainkan karena proses oksidasi.

Dilihat dari ukuran, biasanya komedo berbentuk lebih kecil. Sementara jerawat bisa mempunyai ukuran yang cukup besar.

Lalu, Cara Mengatasinya Gimana, Dong?

Kamu wajib bersihkan wajah secara rutin untuk mencegah timbulnya komedo. Jangan coba-coba mengangkat komedo dengan cara memencet kulit karena dapat memperparah kondisi, dan menimbulkan peradangan yang sebelumnya tidak ada. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah melakukan facial atau menggunakan strip pori.

Jika komedo tetap menempel dan tak kunjung pergi, kamu perlu memeriksakannya lebih lanjut ke dokter kulit. Dokter kulit bisa merekomendasikan obat untuk membersihkan komedo sesuai jenis kulit kamu.

 

IR/Foto: freepik